Sukses

Ruhut: Demokrat Bukan Bagian Koalisi Merah Putih

"Kami bukan Koalisi Merah Putih," kata juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat akhirnya secara resmi mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung. Padahal, sebelumnya banyak kader Demokrat di DPR mendukung Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada kembali melalui DPRD.

Atas sikap resminya itu, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menegaskan, parta besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu bukan bagian dari Koalisi Merah Putih (KMP) yang mendukung RUU Pilkada.

"Kami bukan Koalisi Merah Putih. Kawan-kawan ngerti bagaimana terkesan yang menang itu Jokowi," kata Ruhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).

Anggota Koimisi III itu berujar, sebelum Demokrat melalui Ketua Dewan Harian Syarief Hasan mengumumkan sikapnya, sebetulnya sikap politik berlambang mercy itu sudah dapat terbaca melalui tayangan YouTube SBY.

"Jadi Pak SBY sudah tegas di Youtube itu, apa nanti yang disampaikan bapak, tapi Pak Amir (Ketua Umum Harian Demokrat) dan Sekjen saya Edhi Baskoro sudah bicara," tandas Ruhut.

Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih adalah Gerindra, Golkar, PKS, PPP dan PAN mengusulkan agar Pilkada dilakukan di DPRD. Sedangkan partai PDIP, PKB, Hanura dan Demokrat ingin Pilkada tetap dilakukan secara langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.