Sukses

Gerindra: Demokrat Dukung Pilkada Langsung, Silakan Saja

Partai Demokrat secara resmi mendukung pemilihan kepala daerah langsung. Langkah itu berseberangan dengan Koalisi Merah Putih (KMP).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat secara resmi mendukung pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung. Langkah itu berseberangan dengan Koalisi Merah Putih (KMP) yang menginginkan pilkada digelar secara tak langsung, lewat tangan DPRD.

Sementara itu, Partai Gerindra yang masuk ke dalam Koalisi Merah Putih mengaku tak mempermasalahkan sikap Partai Demokrat. Meskipun sebelumnya Fraksi Partai Demokrat di DPR banyak yang mendukung RUU Pilkada.

"Nggak ada masalah, mau Demokrat dukung atau tidak ya silakan saja," kata Ketua DPP Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).

Bahkan,  sambung dia, jika pun RUU Pilkada yang di dalamnya mengatur pilkada tak langsung akhirnya tak disetujui dalam rapat paripurna nanti, pihak KMP tidak dirugikan sama sekali. Saat ini anggota DPR yang mendukung RUU Pilkada sebanyak 273, sedangkan yang mendukung pilkada langsung sebanyak 287, termasuk Demokrat.

"Kalau kalah atau tidak disahkan RUU Pilkada, ya nggak ada masalah kita nggak rugi. Apa yang perlu dirugikan, nggak ada juga kan. Hubungan kita sama kawan-kawan di luar KMP aja cair di sini," ujar dia.

Desmond mengaku, dirinya menyikapi santai terkait sikap Demokrat tersebut. Karena menurutnya, politik itu dinamis tergantung konstelasi politik antar elite parpol.

"Ini kan persoalan politik itu dinamis, nggak usah gimana-gimana. Biarkan saja Demokrat sekarang beda dengan kita," tandas Desmond. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini