Sukses

Presiden SBY akan Bicarakan Masalah ISIS di Amerika Serikat

SBY akan membicarakan solusi politik non-militer yang realistis dan lebih permanen dalam mengatasi masalah ISIS.

Liputan6.com, Jakarta Presiden SBY melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat (AS). Dalam kunjungan itu SBY akan membicarakan persoalan kelompok Negara Islam atau yang sebelumnya disebut Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dalam pertemuan dengan para pemimpin Islam dan non-Islam.

SBY mengatakan, dia akan membicarakan solusi politik non-militer yang realistis dan lebih permanen dalam mengatasi masalah ISIS.

"Itu (ISIS) salah satu tema yang akan dibicarakana nanti baik di Washington DC ketika bertemu dengan para pemimpin Islam di AS dan para pemimpin non-Islam di AS," kata SBY di Halim Perdanakusuma sebelum melakukan lawatan ke Portugal, Amerika Serikat dan Jepang, Kamis (18/9/2014).

Dia mengatakan, Indonesia ingin aktif mencari solusi bersama untuk mengatasi kelompok itu.

"Bukan hanya operasi militer yang dilakukan pihak-pihak Barat atau komunitas Internasional lain, bagi Indonesia yang diperlukan adalah solusi politik, dan solusi non-militer," jelas SBY.

Agenda utama kunjungan Presiden SBY ke New York adalah menghadiri Sidang Majelis Umum PBB ke-69. Dalam Sidang Umum kali ini Presiden SBY akan menyampaikan pidato dalam sesi debat umum sidang tersebut.

Di samping itu, Presiden SBY juga akan memimpin sidang pleno KTT Iklim PBB (UN Climate Summit) 2014 dan akan menyampaikan sambutan pembuka dalam Open Government Partnership High Level Event (OGP-HLE).

Di New York, Presiden SBY juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral, antara lain dengan Presiden Meksiko, Presiden Amerika Serikat, Perdana Menteri Australia dan Perdana Menteri Belanda. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini