Sukses

DKI Beri Bantuan Rp 100 M kepada Bodetabek Tahun Depan

Hal ini merupakan keputusan dari pertemuan antarapara kepala daerah Jabodetabek tadi malam.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI akan memberikan bantuan sebesar Rp 100 miliar kepada masing-masing kota mitra Jakarta pada 2015 mendatang. Yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hal tersebut merupakan keputusan dari pertemuan para kepala daerah Jabodetabek di Wisma Nusantara, Jakarta, malam ini.

"Kita sepakat kasih bantuan uang saja. Mulai 2015. Rp 100 miliar dong satu daerah," ungkap Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Dana tersebut nantinya untuk membangun infrastruktur penanganan banjir dan kemacetan di Bodetabek. Pemberian bantuan itu dijelaskan Basuki alias Ahok didasari oleh infrastruktur transportasi maupun penanganan banjir kerap bersinggungan antara kabupaten dan kota tersebut. Segala pembangunan yang dilakukan di Ibukota pasti memberi dampak serta saling mengikat dengan kota-kota mitranya, begitu juga sebaliknya.

Misalnya pembebasan Sungai Angke atau pembangunan waduk yang bersinggungan dengan daerah mitra Jakarta. Begitu juga dengan pembangunan terminal Lebak Bulus di Jakarta Selatan yang bersinergi dengan Tangerang dan Bogor. Seluruhnya membutuhkan dana pemeliharaan.

"Duitnya kan terbatas. Dulu bantuan kita Rp 5 miliar. Tapi itu kekecilanlah. Rp 5 miliar buat apaan. Hehe. Ini kota mitra. Yang besar yang mesti nolong yang kecil," kata Ahok.

Dalam acara yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB ini, hadir Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Wakil Bupati Bogor Nurhayanti, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani, Sekda Kabupaten Bekasi Muhyiddin, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, beberapa pejabat daerah lain dan 2 orang perwakilan dari TNI.

Bekasi Segera Bangun Tempat Pengolahan Sampah

Untuk Bekasi, menurut Wagub DKI Ahok nantinya menggunakan anggaran tersebut untuk membangun tempat pengolahan sampah. Sehingga sampah yang berasal dari Jakarta dapat diolah langsung.

"Bekasi tadi mau bangun pengolahan pembangunan sampah. Nanti Tangerang Selatan bisa kirim sampah juga ke Bekasi," ucap Ahok yang disambut anggukan kepala Walikota Bekasi Rahmat Effendi di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu malam.

Selain itu, truk-truk sampah milik Pemprov DKI yang berusia tua, rencananya akan dihibahkan kepada Pemkot Bekasi. Dengan begitu diharapkan, dapat membantu memudahkan pengangkutan sampah di Bekasi. "Truk-truks sampah kita yang udah reyot kasih aja Bekasi. Hibah. Daripada jual murah. Namanya juga saudara. Hehe," jelas Ahok. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini