Sukses

PKB Minta Kemenag Tarik Buku Makam Wali Berhala

Buku untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah yang merupakan produk Kurikulum 2013 itu dinilai berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk menarik buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Buku untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah yang merupakan produk Kurikulum 2013 itu dinilai berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat.

Ini lantaran di dalam buku itu terdapat kalimat 'Berhala sekarang adalah kuburan para wali'. Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar mengatakan, diperlukan tindak tegas Dirjen Pendidikan Islam agar hal tersebut tak menjadi polemik di masyarakat.

"Kementerian Agama (Kemenag) harus menarik semua buku pelajaran SKI tersebut dari peredaran karena telah menimbulkan keresahan di masyarakat," kata Marwan di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Menurut Marwan, Kemenag perlu melakukan penelitian secara cermat sebelum menerbitkan serta mengedarkan buku pelajaran ke sekolah. "Karena kontroversi serupa pernah muncul saat ada soal ujian yang melecehkan Gus Dur dan sumbernya juga dari sebuah buku sejarah," ujar dia.

Marwan pun meminta penulis buku SKI tersebut memberikan klarifikasi.

"Mengimbau kepada seluruh stakeholder bangsa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terpancing oleh provokasi orang-orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadinya‎," tandas Marwan. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.