Sukses

Jemaah Haji Solo Berpakaian Ihram Saat Berangkat ke Tanah Suci

Karena langsung ke Mekkah, para calon jemaah haji Solo langsung berpakaian ihram mulai dari keberangkatan.

Liputan6.com, Solo - Berbeda dari biasanya, ratusan calon jemaah haji kloter 42 asal Klaten, Jawa Tengah sudah mengenakan pakaian ihram sejak akan diberangkatkan di Gedung Muzdalifah embarkasi haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (17/9/2014), memasuki gelombang kedua pemberangkatan,calon jemaah haji hari ini, para calon jemaah memang telah dihimbau untuk mengenakan pakaian ihram sejak keberangkatan dari embarkasi haji. 

Hal itu dilakukan untuk mempermudah para jemaah haji karena mereka akan memulai miqot atau dimulainya ibadah haji saat berada diatas pesawat. 

Berbeda dengan gelombang pertama yang terlebih dahulu menuju Madinah, mereka akan langsung menuju Mekkah untuk melakukan tawaf. Dalam menunaikan ibadah haji, umat Islam diwajibkan mengenakan pakaian khusus ihram, yakni pakaian yang terdiri dari 2 lembar kain dengan kriteria tidak boleh terdapat jahitan bagi pakaian kaum pria. 

Sementara untuk pakaian wanita diizinkan mengenakan pakaian yang dijahit. Karena itulah para calon jemaah haji asal Solo langsung menggunakan ihram saat akan diberangkatkan ke tanah suci. (Mut)

Baca Juga:

Tradisi Pamitan Haji di Klaten

Gelang Haji, Kecil Namun Bermanfaat

Bazar Perlengkapan Haji di Stadion Jember

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini