Sukses

Mahasiswa UGM Protes Pembatasan Masa Kuliah

Peraturan Mendiknas nomor 49 tahun 2014 itu dianggap akan membungkam kreatifitas dan sikap kritis mahasiswa.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar aksi demo menolak pembatasan masa kuliah di bundaran kampus. Mereka menolak peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 49 tahun 2014 tentang standar pendidikan tinggi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (17/9/2014), dalam peraturan itu disebutkan, terhitung mulai tahun akademik 2014-2015 mahasiswa diberi batasan masa studi maksimal 5 tahun.

Padahal sebelumnya mahasiswa bisa menyelesaikan studi strata satunya hingga 7 tahun. Mahasiswa menilai, peraturan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk membungkam sikap kritis dan kreatifitas mahasiswa.

Mereka menilai masa kuliah yang dibatasi akan menyebabkan mahasiswa hanya menjadi kutu buku. Bahkan mahasiswa juga tidak bisa mengembangkan diri melalui berbagai organisasi kemahasiswaan dan kegiatan-kegiatan lainnya. (Sun)

Baca juga:

Warga di Kawasan Palmerah Tolak Penggusuran

Ikan Emas Jalani Operasi Tumor Otak

2 Kurir Narkoba untuk Lapas Kerobokan Bali Berhasil Dibekuk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.