Sukses

Kapal Tanker Terbakar di Kalsel, Seorang Teknisi Tewas

Sutopo belum dapat menjelaskan kronologis kebakaran kapal ini, sebab hingga kini masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran kapal kembali terjadi. Kali ini dialami kapal tanker OSP Cilacap milik PT Pertamina yang berkapasitas 60.000 ton di Kabupaten Kotabaru, Kecamatan Kulo Sebuku, Perairan Utara Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Dilaporkan kejadian kapal terbakar di Provinsi Kalimantan Selatan. Selasa, 16 September 2014 Pkl 00.00 Wita," ujar Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/9/2014).

Sutopo belum dapat menjelaskan kronologis kebakaran kapal tanker ini, sebab hingga kini masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Namun akibat kebakaran ini, 1 orang meninggal dunia.

"Korban Jiwa 1 orang teknisi kapal meninggal dunia. Kerugian materil 1 unit kapal (OSP Cilacap) tanker milik Pertamina yang berkapasitas 60.000 ton terbakar," ujar dia.

Saat ini, kata Sutopo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru bersama Depo Pertamina Kotabaru, SAR, Satpol Air, dan Lanal Kotabaru menuju ke lokasi kejadian menggunakan kapal cepat milik Pertamina untuk mengevakuasi.

Akibat sulitnya medan, korban masih dalam kapal. Beberapa hal juga menjadi kendala petugas dalam mengevakuasi korban, meski api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 21.00 Wita. "Korban belum dievakuasi karena di dalam ruang kapal masih panas."

"Sulitnya jaringan komunikasi atau telepon, gelombang di perairan utara tinggi, sarana dan prasarana tidak mendukung," pungkas Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini