Sukses

Gelang Haji, Kecil Namun Bermanfaat

Gelang khusus bagi jemaah haji yang berisi data nama, nomor paspor, asal keberangkatan, dan penginapan jemaah haji.

Liputan6.com, Solo - Ada gelang khusus yang harus dikenakan oleh setiap jemaah haji yang berisi data nama, nomor paspor, asal keberangkatan, serta penginapan jemaah haji. Selama musim haji ini, ribuan gelang diproduksi di pabrik yang ada di kota Solo, Jawa Tengah itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (16/9/2014), gelang itu sangat bermanfaat khususnya saat jemaah tersebut tersesat dan terpisah dari rombongannya.

Berdasarkan data yang ada di gelang itu, petugas haji akan mudah mengembalikan jamaah ke maktab atau penginapan jemaah. Gelang haji akan diberikan kepada setiap calon jemaah haji beberapa jam sebelum mereka terbang ke tanah suci.

Sementara itu, para calon jemaah haji Yogyakarta, mendapatkan bekal tambahan untuk ke Tanah Suci, yaitu sajadah mendong. Sajadah itu bukanlah sajadah seperti biasa, melainkan sajadah dari mendong yang dibuat oleh para perajin di Minggir, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sajadah mendong dianggap lebih nyaman digunakan di Tanah Suci karena bisa menyesuaikan dengan cuaca panas di lokasi tersebut. Biasanya sebagai alas salat dan tidur di Tanah Suci para jamaah calon haji Indonesia hanya menggunakan alas berupa tikar plastik. (Mvi)

Baca Juga:

Bazar Perlengkapan Haji di Stadion Jember

Seorang Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Madinah

Tradisi Pamitan Haji di Klaten

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.