Sukses

22 Ribu Kendaraan Pelat 'B' Masuk Bandung Tiap Pekan

Walikota Bandung Ridwan Kamil pun mengungkap lonjakan wisatawan Jakarta ke Bandung menyumbang dampak kemacetan yang cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta - Macet tak hanya terjadi di Ibukota Jakarta, tapi juga di Kota Kembang. Walikota Bandung Ridwan Kamil pun mengungkap salah satu penyebab kepadatan di wilayahnya itu.

Ridwan menuturkan, lonjakan wisatawan Jakarta ke Bandung menyumbang dampak kemacetan yang cukup besar bagi kota tersebut.

"Peningkatannya signifikan, hampir 22 ribuan kendaraan pelat 'B' per minggu," jelas dia usai bertemu Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Sebab, lanjut Ridwan, dari 6 juta penduduk Bandung, 80 persen di antaranya adalah turis lokal. Dari jumlah itu, 70 persennya adalah warga ibukota. Sehingga setiap akhir pekan, ada sekitar 3 juta warga Jakarta datang ke Bandung dengan memakai kendaraan pribadi.

Ridwan mengakui, dengan kunjungan wisatawan asal Jakarta, membuat pergerakan ekonomi di Bandung. Namun, urusan kemacetan seharusnya juga dipikirkan dan saling menyesuaikan antara Jakarta dan Bandung. Begitu juga untuk urusan sampah.

"Sampah juga. Ekspektasinya jangan buang sampah sembarangan. Kita juga bicara masalah biasa klasik, Viking sama Jakmania. Nanti dicari cara-cara kreatif dan ringan aja lah," tukas Ridwan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.