Sukses

Bandara Pasaman Barat Siap Beroperasi Kamis

Bandara Pusako Anak Nagari di Kabupaten Pasaman Barat sudah siap untuki dioperasikan sebentar lagi.

Liputan6.com, Simpang Ampek - Bandara Pusako Anak Nagari di Kabupaten Pasaman Barat sudah siap untuki dioperasikan. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno pun rencananya akan melakukan peresmian pada Kamis 18 September 2014.

"Jika tidak ada halangan maka bandara yang terletak di Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Pasaman Barat ini diresmikan dan beroperasi. Dijadwalkan penerbangan tiga kali seminggu dengan pesawat Susi Air," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat, Bobby P Riza di Simpang Ampek, Selasa (16/8/2014).

Bobby mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana di bandara untuk acara peresmian. Rencananya, rute penerbangan komersial Susi Air melayani penumpang dari Simpang Ampek-Padang dan Padang-Simpang Ampek.

Harga tiket untuk rute tersebut hanya Rp 300 ribu per orang, dengan waktu perjalanan hanya dalam waktu 30 menit sudah sampai ke tujuan.

Ia menambahkan, untuk sementara jadwal penerbangan Simpang Ampek-Padang dan sebaliknya adalah tiap hari Selasa, Kamis dan Minggu.

Jadwal penerbangan dari Padang menuju Simpang Empat sekitar pukul 10.00 WIB pagi. Untuk jadwal Simpang Ampek-Padang sekitar pukul 11.00 WIB.

"Tiket dapat dibeli di Dinas Perhubungan Pasaman Barat, kemudian untuk di Padang masyarakat dapat membelinya di counter Susi Air di Bandara Internasional Minangkabau (BIM)," jelas Bambang.

Bambang berharap, dengan beroperasinya bandara di Pasaman Barat maka aman memperlancar transportasi menuju daerah tersebut. Jika menggunakan kendaraan darat, waktu dari Padang-Simpang Ampek bisa lima jam perjalanan. Namun dengan pesawat hanya setengah jam.

"Bandara ini juga diharapkan bisa membuka peluang para investor untuk menanamkan investasi di Pasaman Barat karena transportasi udara sudah ada," ungkap Bambang. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini