Sukses

28 Rumah Panggung di Sulawesi Selatan Hangus Terbakar

Kebakaran diduga berasal dari kompor milik salah seorang warga yang lupa dimatikan saat tengah ditinggal keluar rumah.

Liputan6.com, Bantaeng - Sekitar 28 rumah panggung milik warga Kelurahan Bonto Jaya, Campagaloe Dua, Bissappu, Bantaeng, Sulawesi Selatan petang tadi ludes terbakar. Api juga turut menghanguskan sejumlah hewan ternak milik warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (15/9/2014), api pertama kali terlihat muncul dari rumah salah seorang warga. Tiupan angin yang cukup kencang membuat api merambat ke puluhan rumah lainnya yang rata-rata terbuat dari kayu.

Warga pun panik. Sebagian dari mereka berusaha menyelamatkan barang berharga dari dalam rumah. Sementara sebagian lainnya tak mampu berbuat apa-apa dan hanya bisa melihat api berkobar sangat hebat.

Api baru bisa padam setelah sedikitnya 6 unit mobil pemadam kebakaran berjuang selama kurang lebih 6 jam.

Diduga api bersumber dari kompor milik salah satu warga yang lupa dimatikan saat meninggalkan rumahnya. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran juga terjadi di kompleks pergudangan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur. Api membubung tinggi di atas 3 blok pabrik pengolahan kayu milik PT Dharma Satya Nusantara (DSN) petang tadi.

Angin yang bertiup kencang membuat api mudah membesar dan meludeskan isi gudang yang berisi kayu olahan, berbagai bahan kimia, serta mesin produksi. Menurut saksi mata, api mulai terlihat sejak sekitar pukul 17.00 WIB disertai dengan ledakan sebanyak 2 kali.

Tak kurang dari 14 mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Petugas sempat kesulitan karena lokasi kompleks pergudangan jauh dari sumber air. Diduga kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 21.30 WIB atau memakan waktu hampir 5 jam.

Baca juga:

Kabut Asap Membuat Jarak Pandang di Riau Kian Buruk

972 Titik Api Kepung Kalimantan

KM Paus Meledak, Polisi Jemput Paksa Syahbandar Dermaga Kali Adem

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.