Sukses

Alasan Ruhut Dukung Pilkada Tak Dipilih DPRD

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyatakan, secara pribadi ia mendukung Pilkada langsung tidak melalui DPRD.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyatakan, secara pribadi ia mendukung Pilkada langsung tidak melalui DPRD. Alasannya, banyak Anggota DPRD terpilih itu lupa tanggungjawab sebenarnya apa yang harus dilakukan untuk rakyat.

"Tapi kalau bicara Pilkada (lewat) DPRD, aku tak sependapat dengan Max Sopacua (Waketum Demokrat). Dia pernah bilang DPRD yang milih rakyat, jadi sama saja kalau Pilkada dipilih lewat DPRD," kata Ruhut di Jakarta, Senin (15/9/2014).

Menurut Anggota Komisi III DPR itu, tak sedikit anggota DPRD yang jadi 'maling'. Maka dari itu, Ruhut tak setuju jika Pilkada dipilih melalui DPRD.

"DPRD yang milih rakyat, tapi kalau anggota DPRD terpilih itu jadi maling bagaimana? Itu bos makanya secara pribadi aku pengin Pilkada langsung oleh rakyat," tegas dia.

Namun, apakah partainya pro-Pilkada langsung atau tidak itu tetap menunggu keputusan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang saat ini sedang berpikir keras terkait hal tersebut.

"Jika Pak SBY memutuskan (mendukung) langsung, maka mereka (PD pro pilkada DPRD) semua balik badan mendukung keputusan SBY. Makanya mereka jangan coba-coba jadi matahari lain," tandas Ruhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini