Sukses

Aktivitas Gunung Slamet Mereda, Gunung Lokon Aktif

Aktivitas Gunung Slamet terus menunjukkan penurunan hingga hari ini,

Liputan6.com, Banyumas - Aktivitas Gunung Slamet terus menunjukkan penurunan hingga hari ini, setelah sebelumnya meletus pada Jumat 12 September lalu.

Berdasarkan pemantauan dari stasiun pengamatan Gunung Slamet, PVMBG Badan Geologi, sejak Minggu 14 September, hingga saat ini tidak terlihat adanya asap hitam yang keluar dari kawah. Kegempaan pun juga menurun.

"Pada Senin pukul 00.00–06.00 WIB terpantau hanya 13 gempa hembusan dan asap nihil. Pukul 06.00-12.00 WIB tercatat 17 kali gempa hembusan. Status gunung sampai saat ini masih Siaga (level III)," kata Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (15/9/2014).

Lanjut Sutopo, tidak diketahui secara pasti apakah penurunan ini akan terus berlangsung lama ataukah hanya fluktuatif. Namun demikian masyarakat dan lima pemda di sekitar Gunung Slamet telah siap menghadapi kondisi yang terburuk. Apalagi watak gunung itu memang tidak seganas Gunung Merapi dan Gunung Kelud.
 
Sebaliknya Gunung Lokon di Kota Tomohon terus menunjukkan aktivitas vulkanik yang tinggi. Pada Senin pukul 00.00-06.00 WIB, secara visual teramati asap kawah putih tipis berkisar 75-200 meter.

"Terjadi 19 kali gempa vulkanik dalam, 32 kali gempa vulkanik dangkal, dan 10 kali gempa hembusan. Status Siaga (level III). Ancaman bahaya untuk saat ini adalah terjadinya letusan magmatik disertai oleh lontaran material pijar berukuran lapili hingga bongkah dan hujan abu tebal dengan atau tanpa diikuti aliran awan panas secara tiba-tiba," papar Sutopo.

"Jika awan panas terjadi, maka masyarakat di alur Sungai Pasahapen agar mewaspadai awan panas tersebut. Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 2,5 km," jelas Sutopo.

BPBD Kota Tomohon dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara juga telah siap menghadapi kondisi terburuk. BNPB telah mendampingi dan memperkuat BPBD dengan berbagai bantuan, baik manajemen keposkoan, penanganan darurat, penyusunan rencana kontinjensi, bantuan logistik dan peralatan, dan lainnya.

Gunung Slamet meletus hebat pada 12 September. Kendati demikian, sejumlah petani cabai di lereng gunung yang berada di Pemalang, Jawa Tengah masih beraktivitas seperti biasa. Mereka tampak tenang dan tetap memanen cabai di kebun yang lokasinya hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak. (Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.