Sukses

Adik Prabowo: Sudah 6 Tahun Gerindra Dukung Pilkada Tak Langsung

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo menyatakan, partainya konsisten mendukung Pilkada tidak langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo menyatakan, partainya konsisten mendukung Pilkada tidak langsung. Hal itu sudah dilakukan Gerindra sejak 6 tahun lalu.

"Kita punya manifesto politik sudah 6 tahun berlaku dan di dalamnya tidak ada sama sekali pernyataan Gerindra ingin tetap Pilkada langsung. Berarti bahwa Gerindra bukan tidak konsisten," kata Hashim di Jakarta, Senin (15/9/2014).

Adik Prabowo Subianto itu menjelaskan, Pilkada tidak langsung bukan menandakan kemunduran demokrasi. Ia pun membandingkan negara-negara lain yang sukses dengan Pilkada tidak langsung.

"Di Amerika itu tidak dipilih langsung oleh rakyat. Dia pakai perwakilan di setiap negara bagian dan teritori. Perdana Menteri Kanada dan Perdana Menteri Jepang dan sebagainya itu tidak langsung," ujar Hashim.

Sebelumnya, Ahok mengundurkan diri dari Partai Gerindra karena menolak Pilkada tidak langsung. Dia merasa sudah sepantasnya kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat, sehingga bisa mempertanggungjawabkan janji kampanyenya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.