Sukses

Puluhan Hektare Hutan Pinus di Lereng Gunung Guntur Terbakar

Petugas BPBD Garut menduga, selain faktor cuaca kebakaran juga dipicu ulah para pendaki yang membuang puntung rokok sembarangan.

Liputan6.com, Garut - Sekitar 70 hektare hutan pinus di lereng Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat Minggu 14 September siang hangus terbakar. Kepulan asap tebal pun membubung tinggi akibat pohon dan ilalang di blok Cilopang dan Rejeng terbakar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (15/9/2014), kepulan asap terlihat jelas dari jarak belasan kilometer. Sejauh ini kebakaran hutan itu belum mengganggu aktivitas warga.

Warga menduga kebakaran terjadi akibat cuaca yang sangat panas. Namun petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menduga kebakaran kemungkinan juga dipicu ulah manusia yang membuang puntung rokok sembarangan.

"Kebakaran ini cenderung akibat faktor manusia. Tidak menutup kemungkinan, ada pendaki yang membuang puntung rokok. Atau juga akibat pembakaran-pembakaran liar" tutur Imat Ruhimat salah satu anggota BPBD Garut.

Hingga Minggu petang, kebakaran lahan di lereng Gunung Guntur belum juga teratasi. Ini karena keterbatasan peralatan serta jumlah personel BPBD Garut yang berusaha memadamkan api.

Api dibiarkan menjalar hingga ke bagian atas gunung. Kendati demikian, kegiatan warga maupun wisata belum terpengaruh karena lokasi kebakaran jauh dari permukiman maupun objek wisata Cipanas.

Baca juga:

Nias Kembali Diguncang Gempa 5,2 SR

Kebakaran Pura di Surabaya, Seorang Luka Bakar Ringan

Warga Lereng Gunung Slamet Istighosah Tiap Malam Demi Keselamatan

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.