Sukses

Gempa Guncang Nias Sumut, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

Gempa terjadi di titik 31 km barat daya Nias Utara atau 36 km barat laut Nias Barat.

Liputan6.com, Nias - Gempa bumi berkekuatan 5,6 skala Ritcher (SR) mengguncang Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Minggu pagi tadi, sekitar pukul 11.52 WIB. Saat gempa, warga panik dan berhamburan ke luar rumah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa terjadi di titik 31 km barat daya Nias Utara atau 36 km barat laut Nias Barat.

"Gempa terasa sedang hingga kuat selama sekitar 5 detik di Nias Selatan dan Nias Utara," ujar Sutopo dalam tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Dia menjelaskan, pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 14 km. Pusat gempa berada pada zona subduksi lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia di sisi luar dari lempeng Eurasia. Lindu tidak menimbulkan potensi tsunami.

"BPBD masih melakukan pendataan. Beberapa daerah lain sedang dikonfirmasi petugas Posko BNPB. Informasi lebih lanjut akan disampaikan setelah pendataan selesai," papar Sutopo.

Sementara itu, dampak gempa 5 SR di 14 km barat daya Tanah Datar pada 11 September 2014 lalu telah menyebabkan 18 rumah rusak sedang, 187 rumah rusak ringan, 3 sekolah rusak sedang, 28 sekolah rusak ringan, 1 puskesmas rusak ringan, dan 6 musala rusak ringan.

"BNPB telah mengirimkan tim reaksi cepat mendampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar dan BPBD Kota Padang Panjang melakukan pendataan. Bupati Tanah Datar menetapkan masa tanggap darurat 11-24 September 2014," tandas Sutopo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.