Sukses

ICW: Pilkada Langsung Bawa Atmosfer Demokrasi Positif

Seharusnya tak ada alasan untuk menetapkan Pilkada tak langsung yang dilakukan para anggota DPRD.

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator ICW Abdullah Dahlan menilai Pilkada langsung membawa atmosfer positif bagi demokrasi di Indonesia karena melibatkan partisipasi rakyat. Dengan begitu, seharusnya tak ada alasan untuk menetapkan Pilkada tak langsung yang dilakukan para anggota DPRD melalui RUU Pilkada.

"Pilkada langsung memberikan makna positif dalam konteks demokrasi lokal kita, ada ruang positif politik luar biasa ketika pilkada langsung," jelas Abdullah di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Salah satu hasil dari atmosfer positif itu adalah kelahiran Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Abdullah menjelaskan pemilihan langsung membuat kepala daerah lebih bertanggungjawab pada rakyatnya.

"Lahirnya Jokowi sebagai produk Pilkada langsung. Ada spirit bertanggungjawab pada rakyat," imbuhnya.

Terkait masalah biaya mahal, Abdullah menjelaskan hal itu tak bisa jadi alasan untuk penetapan Pilkada tidak langsung. ICW mendorong agar e-KTP dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memangkas biaya berlebih saat Pilkada.

"Kalau e-KTP jalan, maka e-Voting bisa dilakukan, biayanya akan lebih murah," tandas Abdullah. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.