Sukses

Waspadai Cuaca Ekstrem Pengaruh Siklon Tropis Kalmaegi

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait siklon tropis Kalmaegi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Siklon tropis Kalmaegi yang ada di sebelah timur Filipina masih bergerak aktif menuju ke arah barat-barat laut. BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait siklon tersebut.

"Meskipun siklon Kalmaegi tidak akan melintasi wilayah Indonesia. Namun akan memberikan dampak cuaca ekstrem dan gelombang laut tinggi di sebagian peraian di Indonesia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/9/2014).

Dampa siklon Kalmaegi akan menyentuh di sejumlah wilayah Indonesia. Seperti potensi hujan ringan di Kalimantan dan Sulawesi Tengah. Gelombang tinggi 3-4 meter juga berpeluang terjadi di Laut Maluku bagian Utara, Laut Cina Selatan timur Vietnam, Laut Arafuru bagian tengah dan timur

"Gelombang dengan tinggi lebih dari 4 meter berpeluang terjadi di Samudera Pasifik Timur Philipina," jelas dia.

Untuk itu, pihaknya warga yang tinggal di pesisir pantai tersebut untuk selalu waspada. Karena bencana bisa terjadi kapan saja.

"Nelayan diminta untuk selalu hati-hati dan sebelumnya menyiapkan sarana prasana darurat saat berada di perairan tersebut," tukas Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini