Sukses

Presiden Afghanistan Tolak Rumah Pensiun Mewah

Hamid Karzai telah menjabat sebagai Presiden Afghanistan selama dua kali masa jabatan.

Liputan6.com, Kabul - Sebuah rumah mewah menjulang cukup tinggi dan pekarangan luas dipersiapkan negara untuk Presiden Afghanistan Hamid Karzai setelah ia pensiun tahun ini. Namun sang Presiden menolak pemberian rumah. Katanya terlalu mewah.

"Bangunan yang indah dan megah ini telah dibangun sesuai amanat konstitusi untuk presiden yang sudah pensiun," kata Karzai, seperti dilansir Afghanistan Times dan dimuat dari Washington Post, Sabtu (13/9/2014).

"Tapi ini terlalu mewah dan jauh di atas perumahan standar para warga, jadi saya ingin jadikan rumah ini untuk menerima tamu penting kenegaraan saja," imbuh dia.

Menurut juru bicara kepresidenan Aimal Faizi, rumah mewah tersebut bukan selera Presiden Karzai. Sang Kepala Negara memilih tinggal bersama istri dan ketiga anaknya di rumah biasa.

"Dia akan menetap di rumah yang sama dengan warga lain pada umumnya. Itu bukan rumah baru, dan orang-orang segera tahu di mana lokasinya," jelas Aimal.

Hamid Karzai telah menjabat sebagai Presiden Afghanistan selama 2 kali masa jabatan, yakni 2004-2009 dan 2009-2014. Presiden penggantinya belum diketahui.

Meski Pilpres sudah digelar pada 5 April 2014, hingga kini, sang pemenang belum ditetapkan. Sebab kedua capres, yakni Ashraf Ghani Ahmadzai dari Partai Independent dan Abdullah Abdullah dari Koalisi Nasional tengah bersengketa. Keduanya saling menuding berbuat curang saat Pilpres.

Oleh karena itu, Hamid Karzai masih menjabat Presiden Afghanistan hingga sekarang, sampai sengketa itu selesai. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini