Sukses

Jokowi Disambut Meriah Penonton Pentas Seni Internasional di Solo

Jokowi melihat pentas kesenian dari delegasi Malaysia, Philipina, Riau dan Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Solo - Presiden terpilih Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi hadir di kawasan Benteng Vastenburg Solo untuk menonton pentas seni bertaraf internasional, Solo Internasional Performing Art (SIPA). Kehadiran mantan Wali Kota Solo itu mendapat sambutan yang meriah dari ribuan warga yang ikut menonton.

Jokowi hadir bersama istrinya, Iriana Jokowi serta dua anaknya, yakni Kahyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Tak hanya itu, Pangdam IV Diponegoro Mayjen Sunindyo juga turut mendampingi.

Kedatangan Jokowi dikawal ketat pasukan paspampres. Namun, pengamanan ketat tersebut tak menghalangi Jokowi untuk menyapa para penonton yang hadir dalam acara tersebut. Bahkan, sejumlah bekas anak buah Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo juga tampak bersalaman sambil berfoto bersama.

Dalam kesempatan tersebut, kedatangan Jokowi disambut Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Eny Tyasni Suzana serta Ketua Panitia SIPA 2014 Irawati Kusumorasri.

Selanjutnya, Jokowi pun duduk di barisan kursi paling depan bersama tamu undangan VVIP lainnya. Jokowi dan Iriana pun menyempatkan diri berdiri menghadap belakang ke arah penonton untuk melambaikan tangan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi melihat pentas kesenian dari delegasi Malaysia, Philipina, Riau dan Kepulauan Seribu. Selama menyaksikan para delegasi tampil dalam SIPA, Jokowi terlihat tidak beranjak dari tempat duduknya. Ia pun meninggalkan lokasi ketika pentas sudah selesai.

Saat meninggalkan lokasi acara, Jokowi menyempatkan diri untuk mendekati para warga yang menonton untuk menyalaminya. Tak ayal, kesempatan itu pun dimanfaatkan warga untuk berebut berjabat tangan.

Ketika akan keluar meninggalkan kawasan Benteng Vastenburg, Jokowi juga menyambangi para kontingen kesenian dari Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kehadiran orang nomor satu di DKI itu pun langsung membuat kaget para anggota delegasi kesenian itu. Mereka langsung bersalaman dengan Jokowi.

Jokowi mengatakan kegiatan pentas seni SIPA merupakan bagian dari diplomasi budaya yang dilakukan Kota Solo sejak 6 tahun lalu. SIPA pertama kali digelar saat Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo saat itu.

"Hubungan diplomasi budaya antara kota dengan kota, kota dengan negara, negara dengan negara maupun rakyat dengan rakyat harus bisa dilakukan. Saya berharap ke depan SIPA lebih besar lagi," ucap dia.

Jokowi meninggalkan tempat penyelenggaraan SIPA sekitar pukul 22.30 WIB. Selanjutnya rombongan dengan pengawalan ketat paspampres dan petugas kepolisian langsung meninggalkan lokasi menuju kediamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.