Sukses

5 Cara Lindungi Diri dari Radiasi Ponsel

Apakah Anda sudah mengetahui masalah radiasi yang ditimbulkan dari ponsel yang bisa merusak kesehatan Anda?

Citizen6, Jakarta Di era teknologi saat ini memang sudah sangat sulit untuk memisahkan diri dari gadget atau barang teknologi yang memang sudah menjadi barang pokok guna menunjang suatu aktivitas. Seperti halnya gadget ponsel Anda yang sudah menjadi sahabat bagi kehidupan sehari-hari.

Kemanapun Anda pergi ponsel menjadi teman yang setia menemani. Apakah Anda sudah mengetahui masalah radiasi yang ditimbulkan dari ponsel yang bisa merusak kesehatan Anda? Beginilah 5 Cara Tepat Lindungi Diri dari Radiasi Ponsel

Ponsel ini bekerja dengan cara mentransit sinyal melaluli frekuensi radio. Sama seperti radiasi berfrekuensi rendah yang terdapat dalam oven microwave maupun radio AM/FM, dan radiasi ini jika terkena terus menerus ke pengguna dan manusia secara kontinyu, dalam jumlah yang besarm bisa merusak kesehatan dan berakibat fatal.

Maka dari itu kita perlu mewaspadai penggunaan ponsel secara berlebihan. WHO secara resmi menyatakan radiasi ponsel dapat memicu kanker berbahaya (karsinogenik), penyakit dan gejala yang muncul dari gangguan radiasi ponsel ini meiputi, pusing, gangguan tidur, berubahnya fungsi memori, konsentrasi, dan kesadaran spasial.

Untuk mencegahnya ada beberapa poin yang perlu anda tau, apakah itu? berikut ulasanya.

1. Perhatikan Sinyal

Jangan gunakan ponsel secara berlebihan saat sinyal dari ponsel Anda lemah (rendah). Hal ini dapat menyebabkan ponsel bekerja keras untuk memperoleh koneksi, sehingga menciptakan radiasi yang lebih besar secara kontinyu.

2. Perhatikan Tempat

Jangan gunakan secara berlebihan di ruangan yang terlalu tertutup, seperti lift dan mobil. Radiasi yang timbul saat ponsel menciptakan koneksi ke sinyal, jadi radiasi yang timbul juga lebih besar.

3. Jangan Telpon saat Berkendara

Nah ini sangat penting karena berkendara itu bergerak dengan cepat, maka ponsel akan mencari sinyal yang terdekat dengan posisinya. Jadi radiasi yang ditimbulkan juga lebih besar karena perpindahan tempat yang memang terlalu cepat, dan ponsel juga melepaskan energi lebih besar juga.

4. Batasi Menelpon

Gunakanlah ponsel Anda seperlunya saja lebih baik sms jika memang tidak terlalu urgent. Karena sms ini memerlukan tenaga yang lebih kecil dari ponsel Anda.

5. Pilih Ponsel Yang Tepat

Belilah ponsel yang radiasinya rendah sehingga akan lebih baik, karena setiap ponsel memiliki tingkat radiasi yang berbeda pula. Untuk itu Anda perlu mencari produk ponsel dengan tingkat radiasi yang lebih rendah. Selain itu selalu patuhi peraturan dalam menggunakan ponsel, karena produsen ini juga sudah memberikan informasi mengenai cara menggunakan dan membawa ponsel agar konsumen bisa membatasi paparan radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel tersebut.

Pengirim:

Andri Purwanto

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.