Sukses

Gunung Slamet Berdentum 9 Kali, Warga Gambuhan Tenang

Berdasarkan monitoring Badan SAR Nasional (Basarnas) di lokasi, suara dentuman itu terus terdengar.

Liputan6.com, Semarang - Hingga pukul 21.00 WIB, aktivitas Gunung Slamet mengalami peningkatan. Terpantau sedikitnya 5 kali luncuran lava pijar, 6 suara gemuruh, dan 9 kali dentuman kuat terdengar dari arah Gunung Slamet sejak pukul 18.00 WIB. Warga sekitar Gunung Slamet ada yang sudah siap mengungsi, ada juga yang tidak khawatir dan tetap tinggal di rumahnya.

Berdasarkan monitoring Badan SAR Nasional (Basarnas) di lokasi, suara dentuman itu terus terdengar. Menurut humas Basarnas Kantor Cabang Semarang Aris Triyono, dari aktivitas gunung tersebut ternyata masih ada warga, terutama warga Gambuhan yang tidak panik dan masih enggan mengungsi.

"Anehnya berdasarkan pantauan di lokasi, warga di Gambuhan tidak panik. Namun demikian sudah disiapkan tempat pengungsian di lapangan Pulosari," kata Aris kepada Liputan6.com, Kamis (11/9/2014) malam ini.

Kendati, kata Aris, di daerah Bambangan warga bersedia dikumpulkan di rumah kepala dusun masing-masing. Mereka siap dievakuasi jika kondisi Gunung Slamet mulai membahayakan.

"Mereka siap untuk diungsikan ke Baturaden jika sewaktu-waktu kondisi membahayakan. Saat ini tim rescue Basarnas sedang siaga di Pos Gunung Slamet di Gambuhan," tandas Aris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini