Sukses

Gempa Pariaman, 1 Bocah Tertimpa Reruntuhan Dinding Kamar

Bocah berusia 2 tahun itu mengalami luka di bagian kepala. Petugas membawanya ke Rumah Sakit Yarsi Kota Padang.

Liputan6.com, Pariaman - Gempa yang melanda Kota Padangpanjang, Sumatera Barat dengan kekuatan 4,2 Skala Richter (SR) mengakibatkan satu orang bocah mengalami luka-luka.

"Korban mengalami luka-luka tersebut atas nama Zara (2) warga Tanah Hitam, Kecamatan Padangpanjang Barat, Kota Padangpanjang," kata Kasi Op BPBD dan Damkar Padanpanjang, Jhon Eriko di Pariaman, Kamis (11/9/2014).

Jhon menjelaskan, korban mengalami luka di bagian kepala. Petugas membawanya ke Rumah Sakit Yarsi Kota Padang untuk mendapatkan perawatan.

"Tim Medis Rumah Sakit memberikan perawatan jahitan luka di bagian kepala korban gempa tersebut," ungkapnya.

Bocah tersebut mengalami luka akibat terkena reruntuhan dinding kamar rumah saat gempa yang melanda Kota Padangpanjang. "Ketika gempa terjadi orang tua bocah tersebut bermaksud untuk menyelamatkannya, namun reruntuhan dinding kamar mengenai bagian kepala Zara," jelas Jhon.

Ia mengatakan, saat ini petugas BPBD dan Damkar Padangpanjang telah melakukan evakuasi pemilik rumah ke tempat yang aman.

"Petugas telah membuat tenda darurat di samping rumah tersebut," kata Jhon.

Jhon menjelaskan, petugas BPBD dan Damkar masih melakukan pemantuan apakah ada rumah warga lain di Kota Padangpanjang yang rusak akibat gempa.

"Pihaknya saat ini masih melakukan pemantuan dan pendataan ke tempat lain, apakah ada rumah warga rusak akibat gempa," ungkap dia.

Gempa kekuatan 4.2 SR melanda Kota Padangpanjang terjadi pada Kamis (11/9). Berdasarkan data Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berkekuatan 4.2 SR tersebut berada di 0.49 Lintang Selatan, 100.80 Bujur Barat atau 8 Km Tenggara Padangpanjang dengan kedalaman 10 Km, namun tidak menimbulkan tsunami.

Gempa juga terjadi di Kabupaten Tanah Datar dengan kekuatan 5.0 SR. Berdasarkan data BMKG, gempa kekuatan 5.0 SR terjadi pada Kamis (11/9) sekitar pukul 00.46 WIB.

Pusat gempa berada di 0.5 Lintang Selatan, 100.53 Bujur Timur, 14 Km arah Barat Daya Kabupaten Tanah Datar, kedalaman 10 Km. Gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.