Sukses

Mangkrak 5 Tahun, Wisma Haji Kendal Tidak Berfungsi

Suparjan berharap, jika sudah ada anggaran wisma haji ini akan segera dirampungkan pembangunannya

Citizen6, Kendal Wisma haji di komplek Islamic Center Kelurahan Bugangin  Kecamatan kota Kendal, Kendal, Jawa Tengah yang dibangun sejak tahun 2011 hingga sekarang mangkrak. Tembok dikanan kiri bangunan tersebut mulai rusak akibat kurangnya perawatan sementara halaman wisma masih tanah dan penuh  dengan rumput liar.

Sangat disayangkan,  bangunan semegah ini tak kunjung difungsikan. Padahal  dana yang sudah dikeluarkan untuk membagun wisma ini mencapai tiga milyar rupiah. Wisma yang dibangun pada pertengahan tahun 2011 silam ini tidak dipakai dengan alasan jalan lingkungan tidak memenuhu syarat.  

Bangunan seluas 5680 meter persegi di komplek Islamic Center ini,  rencana semula akan digunakan untuk menampung calon jemaah haji yang hendak berangkat ke tanah suci sebelum transit di embarkasi Dono Hudan Boyolali,  Jawa Tengah.  

Namun meski sudah lima tahun bangunan selesai belum bisa di gunakan dengan alasan jalan lingkungan tak cukup untuk  putar bus,  tak ada tanda- tanda wisma ini akan difungsikan. Bahkan di kanan kiri tembok bangunan tersebut sudah mulai mengelupas dan ruang dalam terlihat kumuh akibat kurangnya perawatan. Tak hanya itu  gedung tersebut menjadi sarang burung sehingga banyak kotoran burung baik di lantai maupun di tembok.

Pelaksana tugas (plt) pada dinas cipta karya dan tata ruang (ciptaru) Kebaupaten Kendal,  Suparjan,  mengatakan,  belum difungsikannya Wisma Haji ini karena banyak hal yang belum bisa dirampungkan,  seperti insfrastruktur dan akses jalan menuju ke wisma tersebut.

Selain itu,  kamar- kamar untuk menampung para calon jemaah haji juga belum ada,  karena masih kurangnya anggaran. Bahkan,  pagar wisma tersebut juga belum dibangun,  sehingga pihak pemda belum berani memfungsikan  wisma tersebut sebelum sarana dan prasarana terpenuhi.

Suparjan berharap,  jika sudah ada anggaran wisma haji ini akan segera dirampungkan pembangunannya,   sehingga para calon jemaah haji dari kendal,  tidak ada lagi yang menginap di pendopo kabupaten.

Pengirim:

Wahyudi
Kendal


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Ikuti Lomba foto berhadiah total Rp 20 juta. Info detail di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.