Sukses

PPATK-KPK Bongkar 'Permainan' di Sektor Migas dan Tambang

Selain LHA di sektor migas, ‎PPATK juga sudah menyerahkan LHA di sektor pertambangan kepada KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memastikan akan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membongkar 'permainan' di sektor minyak dan gas bumi (migas) serta pertambangan.

"Yang jelas PPATK sudah berkoordinasi dengan KPK untuk bersama-sama membongkar sektor migas dan pertambangan," ucap Wakil Ketua PPATK Agus Santoso usai bertemu pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Agus mengaku, pihaknya juga sudah memberikan 8 Laporan Hasil Analisis (LHA) kepada KPK. Semua LHA itu terkait sektor migas.

"Kita sudah kasih 8 LHA terkait dengan sektor migas yang ditangani, baik itu oleh Kementerian ESDM, SKK Migas maupun oknum-oknum DPR," kata Agus.

Selain LHA di sektor migas, ‎PPATK juga sudah menyerahkan LHA di sektor pertambangan kepada KPK. "Ini juga untuk mulai membongkar sektor tambang‎," pungkas Agus.

Pekan lalu, KPK juga telah menetapkan tersangka Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, terkait kasus dugaan pemerasan di kementeriannya. Jero juga dicekal bepergian ke luar negeri untuk memudahkan proses penyelidikan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini