Sukses

Obama Cari Dukungan Kongres untuk Serangan Lanjutan ke ISIS

Obama akan mencari dukungan Kongres AS pada Selasa mendatang dan akan menggambarkan rencana baru untuk menyerang ISIS.

Liputan6.com, Washington - Presiden Amerika Setikat Barack Obama akan mengumumkan rencana serangan lanjutan terhadap kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pekan ini. Obama mengatakan, langkah itu sebagai upaya untuk membangun koalisi internasional melawan ekstrimis di Irak.

Obama yang telah diejek karena mengatakan bulan lalu ia tidak memiliki strategi untuk melawan ISIS mengatakan akan mencari dukungan Kongres AS pada Selasa mendatang dan kemudian menggambarkan rencana baru dalam sebuah pidato pada hari Rabu.

"Saya hanya ingin rakyat Amerika untuk memahami sifat ancaman dan bagaimana kita akan menghadapinya dan memiliki keyakinan bahwa kita akan mampu menghadapinya," kata Obama seperti dikutip The Guardian, Senin (8/9/2014).

Pada hari yang sama, Liga Arab meminta anggota untuk mendukung upaya internasional melawan ISIS. Ketua Liga Arab Nabil Elaraby menyerukan negara-negara anggota untuk menghadapinya secara militer dan politik.

Elaraby mengatakan langkah itu perlu bagi para anggotanya untuk mengambil keputusan yang jelas dan tegas untuk konfrontasi yang komprehensif dari apa yang ia sebut sebagai "kanker dan teroris".

"Apa yang terjadi di Irak, dan adanya kelompok teroris bersenjata yang tidak hanya menantang otoritas negara tetapi keberadaannya dan negara-negara lain, adalah salah satu contoh tantangan yang keras mengguncang dunia Arab dan Liga Arab sayangnya belum mampu menghadapi," katanya.

Tidak jelas apakah seruan Elaraby yang dibuat pada pertemuan menteri luar negeri di Kairo itu akan berhasil menggalang dukungan negara Arab untuk koalisi pimpinan Obama dan AS terhadap ISIS. Negara-negara Arab sebelumnya terlihat enggan mengambil peran aktif karena takut menjadi sasaran gelombang baru kekerasan yang telah melanda Suriah dan Irak. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini