Sukses

300 Aparat Gabungan Masih Bersiaga Penuh di Keerom Papua

Polisi dan TNI menggelar patroli di sekitar lokasi terbunuhnya seorang warga transmigran yang berbuntut dibakarnya belasan rumah.

Liputan6.com, Jayapura - Kepolisian Daerah Papua masih menyiagakan 300 personel untuk mengantisipasi situasi keamanan di Arso 1, Kabupaten Keerom, Papua. Penjagaan ini pasca-kematian warga transmigran, Catur Yudha (35) yang dibunuh oleh tetangganya sendiri Hilarius Gombo (40) pada Sabtu 6 September kemarin.

Pasca-pembunuhan itu, warga transmigran di lokasi kejadian marah dan membakar 17 rumah di sekitar rumah pelaku. Polisi juga terus mencari motif di balik pembunuhan itu yang berbuntut dibakarnya belasan rumah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan selain penjagaan beberapa titik yang dianggap rawan, polisi bersama TNI juga menggelar patroli gabungan disekitar lokasi kejadian.

"Aparat keamanan bersama dengan warga melakukan penjagaan keamanan malam ini. Hingga kini pihaknya juga masih melakukan pendalaman terhadap kasus itu. Pelaku yang saat ini diamankan di Polres Keerom dijerat dengan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan. Kami terus mendalami motif di balik pembunuhan tersebut," kata Sulistyo di Jayapura, Minggu (7/9/2014).

Pudjo juga menyebutkan pelaku diduga tidak dipengaruhi oleh minuman keras. Sebab sebelumnya beredar informasi di lapangan yang menyebutkan pelaku pembunuhan dipengaruhi minuman keras saat membunuh.

"Pelaku adalah warga baru di Arso 1 dan tinggal di rumah temannya, hanya kebetulan rumahnya berhadapan dengan rumah korban. Kami masih mendalami apakah ini ada unsur lainnya atau tidak," ujar Sulistyo.

Hasil penyelidikan polisi sementara, saat itu korban sedang memetik sayur di halaman rumah korban. Pelaku saat kejadian dengan berbaju kaos putih celana pendek keluar dari rumah dan kemudian mengampak korban pada bagian leher belakang.

"Setelah melakukan pembacokan pelaku kemudian menaruh kampak di rumah dan melapor ke Polres Keerom bahwa dirinya telah membunuh tetangganya. Polisi langsung mengamankan pelaku saat itu juga," ucap dia.

Baca juga:

Aparat Keamanan Tetapkan Siaga I di Keerom Papua
Kesaksian Warga Atas Tewasnya 1 Orang & Pembakaran Rumah di Papua
8 Rumah di Kabupaten Keerom Papua Dibakar Warga, Situasi Mencekam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.