Sukses

Pasukan Kurdi Rebut Wilayah Strategis dari ISIS

Mount Zartak direbut kembali dalam waktu singkat dalam pertempuran sengit yang menewaskan lebih dari 30 pasukan ISIS.

Liputan6.com, Mosul - Pasukan Kurdi di Irak utara telah merebut kembali sebuah gunung strategis yang penting dari kelompok militan Negara Islam Irak Suriah (ISIS) dibantu oleh serangan udara AS.

Gunung Zartak direbut kembali dalam waktu singkat dalam pertempuran sengit yang menewaskan lebih dari 30 pasukan ISIS. Pasukan Kurdi mengatakan serangan udara AS telah membuat perbedaan besar.

Komandan pasukan komando elite Kurdi yang merebut gunung tersebut, Gene Aziz Oweisi, mengatakan kemenangan ini tidak hanya penting untuk pertahanan Kurdistan.

"Untuk Irak itu penting juga karena itu adalah langkah menuju mengambil kembali Mosul," katanya seperti dikutip BBC, Minggu (7/9/2014).

Gunung Zartak yang menghadap dataran yang membentang ke Mosul merupakan kota yang direbut ISIS pada bulan Juni lalu. Gunung ini jatuh ke tangan ISIS ketika mereka menggelar serangan di Kurdistan Irak.

Sejak itu, pasukan Kurdi Peshmerga telah perlahan-lahan merebut kembali gunung tersebut dibantu kekuatan udara AS. Mosul sendiri adalah kota utama kaum Sunni.

Pekan lalu, media pemerintah Irak mengatakan komandan militer senior ISIS, Abu Alaa al-Irak telah tewas dalam serangan udara di Mosul, bersama dengan seorang pembantu pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.