Sukses

Palangkaraya Masih Diselimuti Asap Kebakaran Lahan

Liputan6.com, Palangkaraya - Api dengan cepat merembet dan membakar lahan di sekitar pemukiman warga di Komplek Panenga, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Para warga hanya mampu berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, kabut asap pun sudah mulai memenuhi kota Palangkaraya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (5/9/2014), banyaknya titik api yang tersebar di Palangkaraya membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kesulitan. Sumber api yang umumnya berada di hutan dan tidak adanya sumber air juga meningkatkan faktor kesulitan dalam mengendalikan api. 

Kota Palangkaraya hingga kini masih diselimuti oleh kabut asap. Upaya memodifikasi cuaca dengan menabur garam belum membuahkan hasil dan helikopter khusus untuk membantu pemadaman dari udara juga belum tiba.

Sementara itu, di Sumatera Selatan, kebakaran lahan juga banyak terjadi dalam sepekan terakhir. Di antaranya rawa gambut lahan persawahan tadah hujan di Kabupaten Ogan Ilir. Kepulan asap yang membumbung tinggi menimbulkan kabut asap yang mengganggu lalu lintas darat, perairan laut, sungai, dan penerbangan. 

Kabut asap juga mengganggu kesehatan pernafasan warga. Belum ada upaya nyata untuk mengatasi masalah itu. Berdasarkan pantauan satelit, ada lebih dari 200 titik api di Sumatera Selatan. (Yus)

Baca Juga:

Kabut Asap Menebal, Warga Sampit Mulai Tutupi Hidung

Kabut Asap Mulai Selimuti Kota Palangkaraya

2 Rumah di Medan Hangus Terbakar Sesaat Setelah Mati Lampu

Video Populer

Foto Populer