Sukses

Pemkot Bogor Anggarkan Rp 20 Miliar Untuk Renovasi Bangunan SD

Saat ini ada 248 SD Negeri dan 53 Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Bogor. Dari jumlah itu akan didata sekolah yang perlu direnovasi.

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah Kota Bogor berencana menggelontorkan Rp 20 miliar untuk dana rehabilitasi bangunan sekolah dasar (SD). Rencana ini dimunculkan karena masih banyaknya bangunan sekolah SD yang perlu direnovasi di Kota Bogor.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, penganggaran dananya sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor yang sudah disahkan tahun ini.

Dana tersebut nantinya fokus untuk pembenahan bangunan kelas di sekolah-sekolah dasar yang mengalami kerusakan. Dana tersebut juga akan diperuntukan untuk penambahan ruang kelas baru bagi sekolah yang membutuhkan penambahan bangunan.

"Tahun 2015 sudah kita anggarkan Rp 20 miliar untuk penambahan ruang kelas baru dan juga untuk rehabilitasi bangunan. Itu sudah dianggarkan," kata Usmar, Kamis (4/9/2014), di Bogor.

Usmar menambahkan, Dinas Pendidikan akan mendata ulang jumlah sekolah yang membutuhkan penambahan ruang kelas baru. Saat ini sedikitnya ada 248 SD Negeri dan 53 Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Bogor.

"Program ini baru untuk sekolah dasar saja. Karena untuk SMP dan SMA masih relatif bagus di Kota Bogor ini," terang Usmar.

Untuk menghasilkan bangunan yang berkualitas, Usmar mengatakan, Pemkot Bogor akan menyeleksi lebih dulu pemborong yang akan mengerjakan pembangunan sekolah tersebut. Ini untuk menghindari pembangunan asal-asalan.

“Ya tentu itu, kita meminta agar seleksi pemborong dilakukan dengan benar. Contohnya saja pada bangunan di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kawung Luwuk 2 ini. Bangunan yang direnovasi pada 2003 masih lebih bagus ketimbang bangunan yang direnovasi pada 2007,” pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.