Sukses

Ahok: Penggarap Monorel Tidak Becus, Kita Hapus

Keengganan Pemprov DKI melanjutkan proyek monorel bukan lantaran minimnya daya angkut penumpang dari moda transportasi itu, melainkan...

Liputan6.com, Jakarta - Proyek transportasi monorel hingga kini belum juga rampung. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun berencana menghentikan proyek tersebut lantaran tak kunjung selesai.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyatakan, proyek pembangunan monorel sebenarnya tak lagi menjadi kebijakan Gubernur Joko Widodo. Padahal, seperti diketahui Gubernur Jokowi pernah meresmikan kembali proyek tersebut pada 16 September 2013 lalu dan menargetkan monorel akan selesai dalam waktu 3 tahun.

"Monorel bukan kebijakan Pak Jokowi, (tapi) itu kebijakan kami semua (Pemprov DKI) untuk mendorong transportasi," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Ahok menambahkan, keengganan Pemprov DKI melanjutkan proyek monorel bukan lantaran minimnya daya angkut penumpang dari moda transportasi itu. Melainkan, ketidakmampuan PT Jakarta Monorail (JM) menggarap proyek tersebut.

"Masalahnya yang bikin (PT JM) yang nggak becus. Ya sudah, kita hapus kalau nggak becus. Bukan mau menghapus monorelnya, bukan," terang Ahok.

Pada Rabu 20 Agustus 2014, Gubernur Jokowi menggelar pertemuan dengan jajaran direksi PT JM di Balaikota Jakarta. Pertemuan yang berlangsung tak lebih dari 5 menit itu, menurut Jokowi, membahas persoalan teknis kelanjutan pembangunan proyek senilai Rp 15 triliun itu.

Saat itu menurut Jokowi, salah satu pembahasan teknis yaitu detail pembangunan stasiun pemberhentian kereta monorel. ‎Jokowi meminta PT JM segera menggambarkan detail struktur stasiun yang akan dibangun di sepanjang jalur monorel.

"Saya belum lanjutkan rapatnya. Masih ada yang belum terpecahkan. Ini sangat teknis. Saya minta mereka menjelaskan dengan detail melalui gambar terkait pembangunan stasiun. Gambarnya sekarang juga," kata Jokowi seusai bertemu PT JM di Balaikota DKI, Jakarta, Rabu 20 Agustus 2014. (Yus)

Baca juga:

Pengecoran Dinding Stasiun MRT di Bundaran HI Jakarta Dimulai
Ahok Jadi Gubernur DKI, Proyek Monorel Bakal Berhenti?
Jokowi Minta PT Jakarta Monorail Jelaskan Detail Struktur Stasiun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini