Sukses

SBY Terima Gelar Kehormatan Luar Biasa dari Singapura Malam Ini

Selama Singapura berdiri, baru 11 orang saja yang sudah mendapat gelar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerima gelar kehormatan tertinggi dari pemerintah Singapura, 'Order of Temasek' malam ini. SBY tak sendiri, Ibu Negara Ani Yudhoyono juga akan mendampinginya menerima penghargaan itu di hari kedua kunjungan mereka ke Singapura.

Penghargaan 'Order of Temasek itu' akan diserahkan oleh Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Singapura. Setelah acara penganugerahan gelar kehormatan tertinggi itu, SBY dan delegasi Indonesia akan langsung disambut dengan jamuan makan malam kenegaraan oleh Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam‎ dan istrinya Mary Chee Bee Kiang.

Staf Khusus Presiden Teuku Faizasyah mengatakan,‎ gelar Order of Temasek adalah tanda kehormatan luar biasa yang diberikan Presiden Singapura atas saran Perdana Menteri. Tanda jasa dengan klasifikasi 'honours' ini sebagai bentuk pengakuan jasa dalam pencapaian dan pelayanan yang diberikan.

Gelar ini, lanjut dia, memiliki tiga kelas. Mulai dari First Class, Second Class, dan Third Class.

"Presiden SBY mendapat first class karena dianggap berjasa dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia-Singapura dalam 10 tahun terakhir," kata Faizasyah seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Rabu (3/9/2014).

Ia menyebutkan,‎ selama Singapura berdiri, baru 11 orang saja yang sudah mendapat gelar tersebut. Yang pertama adalah Lim Kim San, eks Menteri Kabinet Singapura pada tahun 1962. San mendapat gelar ini karena keberhasilannya membuat landasan pembangunan infrastruktur perumahan rakyat.

Selain itu Ratu Elizabeth, Pangeran Norodom Sihanouk, serta Ferdinand Marcos. Bahkan Presiden Soeharto pernah juga mendapat gelar yang memiliki nama lain 'Darjah Utama Temasek' ini pada tahun 1974.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.