Sukses

235 Kios Pasar Wado di Sumedang Ludes Terbakar

Api yang menjalar begitu cepat membuat para pedagang tidak sempat menyelamatkan barang dagangan mereka.

Liputan6.com, Sumedang - Kebakaran terjadi di Pasar Wado, Sumedang, Jawa Barat, tadi malam. Besarnya kobaran api serta kencangnya tiupan angin membuat sekitar 235 kios di pasar tersebut hangus terbakar. Para pedagang tidak mampu berbuat banyak dan hanya berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (2/9/2014), api yang menjalar begitu cepat membuat para pedagang tidak sempat menyelamatkan barang dagangan mereka. Bahkan petugas pemadam kebakaran juga mengalami kesulitan karena jauhnya sumber air dari lokasi. Api baru bisa dipadamkan 2 jam kemudian.

Menurut para pedagang, diduga kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik di salah satu kios. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun pedagang mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah.
 
Sebelumnya, kebakaran juga kembali terjadi di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa siang. Kebakaran diduga kuat dipicu kecerobohan pekerja las. Percikan bunga api dari proses pengelasan diduga mengenai baju-baju bekas yang berserakan di lantai 2 sisa kebakaran pada 25 April silam.

Akibatnya, proses pengerjaan renovasi bangunan Blok 3 Pasar Senen akibat kebakaran beberapa bulan lalu terhenti. Para pekerja panik dan berlarian meninggalkan bangunan yang tengah mereka renovasi.

Api baru bisa dipadamkan setengah jam kemudian setelah 6 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan. Akibat peristiwa ini, ruas jalan di sekitar pasar sempat macet. Aktivitas renovasi pasar pun untuk sementara dihentikan.

Sebelumnya, Blok 3 Pasar Senen, Jakarta Pusat terbakar hebat pada 25 April silam. Api yang terlihat sejak subuh itu masih terus menyala hingga berjam-jam kemudian. Kebakaran ini membuat ribuan pedagang kehilangan kios mereka. (Ado)

Baca juga:

2-9-1666: 'Ramalan' Terbukti, Kebakaran Besar Melanda London

Jokowi Minta Kapal Paus I yang Terbakar Dikandangkan

Cegah Kebakaran, Dinas Pemadam DKI Gelar Simulasi di Tambora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini