Sukses

Kuli Bangunan di Bogor Tewas Terjatuh ke Dalam Truk Molen

Saat itu, pekerja tersebut ingin mengambil handphone-nya yang masuk ke dalam salah satu truk molen yang sedang aktif menggiling semen.

Liputan6.com, Bogor - Seorang pekerja bangunan tewas terjatuh ke truk molen pengaduk semen saat mengerjakan pembangunan gedung di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Siliwangi, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/9/2014). Tewasnya pekerja berinisial SP (25) itu diduga akibat tidak menaati pengamanan kerja saat pembangunan.

Kapolsek Bogor Timur Kompol Wasino menduga korban saat itu ingin mengambil handphone-nya yang masuk ke dalam salah satu truk molen pengaduk bahan bangunan. Saat itu, truk dalam keadaan aktif menggiling semen untuk melakukan pengecoran. Namun nahas, korban tertarik masuk ke dalam mesin tersebut.

Dia mengatakan, kejadian itu akibat keteledoran kerja yang semestinya tidak terjadi. "Kejadian tepat pukul 02.00 WIB dini hari saat sedang ada pengerjaan coran bangunan. Kami sudah melakukan olah TKP," singkat Wasino saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (2/9/2014).

Dia menjelaskan, saat ini pihak kepolisian tengah mendalami kejadian tersebut. "Kami sudah memanggil para saksi, dan saat ini mobil truk molen tersebut dalam pencarian," kata dia.

Wasino menuturkan, saat kejadian korban sempat dibawa ke rumah sakit RSUD Ciawi. Namun nyawanya tidak bisa diselamatkan. "Pada saat dievakuasi kondisi korban penuh dengan lumpur. Kami sedang melihat dari standar K3-nya apakah dijalankan atau tidak saat ini sedang kita dalami," beber dia.

Hal itu terlihat dari para pekerja yang tidak menjalankan prosedur kerja dan tidak mementingkan keselamatan kerja yang harusnya disiapkan, seperti tidak memakai helm dan tali pengaman, menjadi rawannya kejadian tersebut terulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.