Sukses

Calon Wagub DKI Jakarta Diputuskan Megawati?

Megawati akan memimpin rapat DPP untuk menerima opsi dan pertimbangan dari peserta rapat.

Liputan6.com, Jakarta - Wasekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta akan diputuskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Usai dipilih oleh Mega, nama cawagub tersebut kemudian diusulkan kepada DPRD DKI.

"Ya kami kan melalui rapat DPP, dipimpin Ibu Mega. Masing-masing memberikan pertimbangan dan opsi. Baru akhirnya sesuai tradisi demokrasi kita, Ibu Mega yang memutuskan," ucap Hasto di Kantor Transisi Jokowi-JK, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2014).

Namun begitu, dia tidak menyebutkan siapa saja kader PDIP yang dipertimbangkan sebagai calon Wagub DKI. Lagipula saat ini masih terjadi transisi kepemimpinan dari Joko Widodo kepada Basuki Tjahaja Purnama yang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI.

Menurutnya, saat ini ada beberapa hal yang menjadi fokus utama PDIP. Sehingga masalah usulan nama cawagub DKI akan diputuskan setelah segala urusan prioritas telah dirampungkan.

"Segala sesuatunya ada skala prioritas lah. Ya nanti lah, setelah ada sinyal-sinyal. Ahok sudah tunjuk orang kan usulan. Orang kan boleh memberikan usulan," jelas Hasto.

Nama calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta yang akan menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga saat ini masih menjadi teka-teki. Sejumlah nama sudah mengemuka, namun belum ada satu pun yang dipastikan mengisi posisi yang ditinggalkan Ahok.

Beberapa nama yang santer disebut akan menjadi pendamping Ahok yakni mantan walikota Surabaya Bambang DH, mantan walikota Blitar Djarot Saiful, Deputi Gubernur Bidang Lingkungan Sarwo Handayani, politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka, dan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Boy Sadikin. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.