Sukses

Tradisi Unik Cium Bayi Sebelum Menikah

Sebelum ijab kabul, pengantin akan diarak keliling kampung. Pada saat itu, setiap orangtua yang memiliki bayi akan menyodorkan anaknya.

Liputan6.com, Purwerejo - Seorang pria asal Cirebon, Jawa Barat, tertangkap pengantar jamaah calon haji saat mencopet. Alhasil sang copet babak belur dihajar massa sebelum diamankan polisi. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (2/9/2014). 

Sejumlah korban mengaku pelaku membawa dompetnya yang berisi uang kartu ATM dan beberapa telepon genggam. Pelaku memanfaatkan kelengahan para korbannya yang sedang sibuk saat berada di Pendopo Kabupaten. Dari tangan tersangka,  polisi menyita barang bukti telepon genggam dan sejumlah uang tunai. Diduga Ia dibantu sejumlah rekannya yang sedang diburu polisi. 

Di Situbondo, Jawa Timur, 300 siswa SMAN 1 Panarukan menjalani uji narkoba yang digelar oleh sekolah bekerja sama dengan rumah sakit. Setiap siswa diharuskan memberikan sampel urinenya. Sebagian siswa mengaku khawatir dengan hasil uji itu, walau mereka tak pernah menggunakan narkoba. Sekolah berupaya mencegah sejak dini peredaran narkoba. Kegiatan itu akan terus dilakukan secara berkala untuk memastikan siswa bebas dari cengkeraman narkoba. 

Lain lagi di Padang, Sumatera Barat, sebanyak 17 orang jamaah calon haji Sumatera Barat gagal berangkat karena tidak mendapatkan visa dari Kedutaan Besar Arab Saudi. Kloter kedua itu berangkat dari embarkasi haji Padang dengan mengangkut 450 orang. Para jamaah juga tetap saja membawa bekal tambahan melebihi ketentuan. 

Sementara itu di Purwerejo, Jawa Tengah, warga sebuah dusun di sana memiliki tradisi unik. Sebelum ijab kabul, pengantin akan diarak keliling kampung. Pada saat itu, setiap orangtua yang memiliki bayi akan menyodorkan anaknya untuk dicium sang pengantin.

Mereka percaya cara itu akan menghindarkan bayi dari sawan manten yang membuat sang bocah sakit-sakitan. Dengan jarak 10 km, ritual keliling kampung itu bisa memakan waktu 8 jam sebelum akhirnya sang pengantin tiba untuk menikah. (Yus)

Baca Juga:

Polwan Pakai Kebaya - 3 Anak Panti Tertabrak Kereta

120 Lapak di Penjaringan Dibongkar - Kawanan Kera Resahkan Warga

Cari Korban Hilang Malah Selfie - Tanggul Lapindo Nyaris Jebol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.