Sukses

2 Jenazah Pilot MH17 Dipulangkan ke Malaysia

Jumlah korban MH17 asal Malaysia yang sudah dibawa pulang sebanyak 31 orang.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sebanyak 9 jenazah dari 298 orang yang berada di pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang hancur ditembak di Ukraina dipulangkan ke Malaysia hari ini. Dua di antaranya adalah pilot berkebangsaan Malaysia.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan, jasad dua pilot itu, yakni kapten Wan Amran Wan Hussin dan kapten Eugene Choo Jin Leong itu tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, hari ini, Selasa (2/9/2014).

"Kami akan memberikan upacara penghormatan pada Rabu (3 September 2014)," ujar Hishamuddin, seperti dikutip Liputan6.com dari Astro Awani.

Selain dua pengendali pesawat tersebut, dua jasad lain yang juga dipulangkan adalah kopilot Muhd Firdaus Abdul Rahim dan pramugara Sanjid Singh Sandhu. Keduanya berkebangsaan Malaysia.

Sementara lima, orang lainnya adalah 3 penumpang asal Malaysia -- Kaelamayajay Goes, Subashni Jretnam, Loh Yan Hwa dan dua penumpang dari Belanda, yaitu Paul Goes dan Fan Shun Po.

Hishamuddin menambahkan, pihaknya saat ini masih berusaha mencari jasad lain yang diduga masih bersemayam di sekitar lokasi jatuhnya pesawat MH17 di Donetks, Ukraina, termasuk Sri Siti Aminah Prawira Kusuma yang merupakan nenek tiri PM Malaysia Najib Razak dan Hishammuddin.

Sri Siti Aminah Prawira Kusuma yang juga warga negara Indonesia (WNI) itu merupakan istri kedua Tan Sri Mohd Noah, kakek PM Najib dan Hishammuddin. Usia dia 83 tahun.

"Kami juga sedang mencari keadilan dan kuasa hukum pemerintah serta penyelidik internasional sedang mengumpulkan bukti untuk mencari tahu pihak bertanggung jawab dibawa ke muka pengadilan," jelas Hishamuddin.

Dengan kepulangan sembilan jenazah tersebut, jumlah korban MH17 asal Malaysia yang sudah dibawa pulang sebanyak 31 orang. Hingga saat ini, sebanyak 32 dari 43 warga Malaysia yang menjadi korban tragedi tersebut sudah berhasil diidentifikasi.

Sementara WNI yang menjadi salah satu korban jatuhnya MH17 asal Medan, Sumatera Utara akhirnya tiba di Tanah Air. Jenazah warga bernama Hendri tiba di kampung halamannya melalui Bandara Kualanamu, Medan, Minggu 31 Agustus petang. (Ein)

Baca juga:

3 Tahun Lagi, Malaysia Airlines Mimpi Bisa Kembali Untung

Tim Forensik Selesai Identifikasi 173 Korban MH17

Penampakan Malaysia Airlines dengan Penerbangan Kosong Melompong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.