Sukses

Peringati HUT TNI, Panglima Moeldoko Donor Darah

Selain Panglima TNI Moeldoko, prajurit TNI, anggota Polri dan para PNS TNI juga ikut mendonorkan darah.

Liputan6.com, Jakarta - TNI menggelar acara donor darah di seluruh Indonesia hari ini, dalam rangka memperingati HUT ke-69 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2014 mendatang. Acara sumbang darah ini ditargetkan bisa memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan peserta pendonor darah terbanyak di kota terbanyak dan di provinsi terbanyak seluruh Indonesia.

Untuk di Jakarta, kegiatan donor darah diselenggarakan di gerbang utama Mabes TNI Cilangkap. Sebanyak 14.400 prajurit yang ada di Mabes TNI memenuhi jalan sepanjang 1,3 km untuk mendonorkan darah mereka.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyempatkan diri mendonorkan darahnya bersama Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Ida Bagus Putu Dunia, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio, dan para petinggi TNI lainnya.

Moeldoko mengatakan, donor darah ini merupakan rangkaian acara peringatan HUT ke-69 TNI yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada 5 Oktober 2014. Lewat acara ini, TNI ingin memberikan contoh teladan bagi masyarakat Indonesia agar menerapkan sikap toleransi dan gotong-royong, serta membangun semangat kebersamaan di Indonesia.

"Kalau pendonor mengorbankan dirinya untuk orang lain, tapi kalau teroris mengorbankan orang lain untuk kepentingan dirinya. Sebuah sikap paradoks inilah perlu kita tularkan kepada masyarakat Indonesia," ujar Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/9/2014).

Dia menjelaskan, donor darah tersebut diikuti oleh 69.000 prajurit di seluruh Indonesia yang diselenggarakan secara serentak di kantor Komando Utama atau di kodam-kodam seluruh Indonesia. Kalau jumlah ini berhasil dipenuhi, TNI dapat memecahkan rekor Muri yang jumlah sebelumnya mencapai 63.000 peserta.

Dalam acara itu, Moeldoko meninjau langsung jalannya donor darah di Mabes TNI. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu menumpangi mobil golf dan menyusuri satu per satu tenda yang berjajar sepanjang 1,3 km. Siswa SMA yang turut hadir juga memberikan tepuk tangan saat Moeldoko melintas di hadapan mereka.

Selain prajurit TNI, anggota Polri dan para PNS TNI juga ikut berpartisipasi dalam donor darah ini. Moeldoko juga menyempatkan diri melakukan telekonferensi dengan beberapa Panglima Kodam di Indonesia untuk memantau langsung jalannya donor darah.

Baca juga:

Penglima TNI: Demo Pakai Tank Boleh...Tangki Air Maksudnya

Jenderal Moeldoko Canangkan Zona Bebas Korupsi di Lingkungan TNI

Ketegasan Jenderal Moeldoko Terhadap Malaysia Dinilai Tepat

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini