Sukses

Banyak Warga Tanpa Identitas Berdatangan ke Manokwari

Pemerintah Daerah harus dan mau tidak mau buat Perda yang sangat keras

Citizen6, Manokwari Pemda Manokwari, diharapkan membuat Perda mengenai Warga Tanpa Identitas. Masuknya banyak warga ke wilayah Manokwari, khususnya di Kelurahan Wosi, mendapat kritikan keras dari ketua RT 01/RW 03 Philipus Iek, terhadap pemerintah daerah Manokwari. Pasalnya warga luar yang setiap tahun, bulan dan bahkan setiap harinya masuk untuk menempati wilayah disekitar lingkungan RT tempat kekuasaannya terus bertambah, namun tanpa identitas yang jelas.

“Kalau bisa dibuatkan Perda untuk warga masyarakat yang datang menempati suatu lingkungan RT/RW dan tidak memiliki data yang lengkap seperti KTP dan lain-lain, karena hal ini sangat vital sekali. Ujar Philipus Iek.  Dikatakannya, imbasnya akan terlihat pada saat pemilihan umum (pemilu) Kepala daerah, DPR dan Pemilihan Presiden.

“Kita akan kena masalah, seperti kasus Pilpres kemarin, ada yang tidak punya KTP dan identitasnya tidak jelas. Tegasnya. Philipus Iek, sangat berharap kepada Pemerintah Daerah agar dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) menyangkut hal tersebut.

“Pemerintah Daerah harus dan mau tidak mau buat Perda yang sangat keras, supaya disampaikan kepada siapa pun yang menempati lingkungan dimana dia tinggal, 2 hari tapi hari ke 3 harus lapor diri kepada Ketua RT," Jelas Philipus.
 
Ia mencotohkan di wilayah Jawa yang padat penduduk, bisa mendapatkan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) dan kenapa wilayah Manokwari yang kecil tidak diberlakukan seperti itu.

“Hal ini kelemahaannya ada di pemerintah daerah, kenapa di Jawa bisa di Papua tidak bisa. Ucap Philipus, sembari berkata hal tersebut merupakan pekerjaan rumah (PR) bagi Pemda Manokwari.

Pengirim:
Tommi Warpur

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini