Sukses

Lepas Kloter I DKI, Menag Minta Jemaah Haji Kendalikan Emosi

11 Kelompok terbang (kloter) jemaah haji dari 9 embarkasi diberangkatkan ke tanah suci hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - 11 Kelompok terbang (kloter) jemaah haji dari 9 embarkasi diberangkatkan ke tanah suci hari ini. Pagi ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas jemaah kloter I Provinsi DKI Jakarta dari embarkasi Halim Perdana Kusuma, Jaktim.

Lukman mengimbau, jemaah haji menjaga diri dan memelihara kesehatan. Dia berharap, mereka bisa mengendalikan emosi dan meningkatkan rasa sabar selama berada di Tanah Suci.

"Tidak banyak orang yang memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Diberi kesempatan sebagai tamu Allah adalah bentuk kehormatan paling mulia dan karena itu harus disyukuri," kata Lukman di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (1/9/2014).

Lukman mengatakan, selain menjalankan ibadah di Tanah Suci, jemaah haji sejatinya juga merupakan duta bangsa. Sebab mereka akan bertemu dengan tamu Allah lainnya dari sejumlah negara Muslim. Karena itulah penting untuk dapat mengendalikan diri.

"Haji mabrur ganjarannya adalah surga," ucap Lukman.

Kloter I DKI berjumlah 455 orang dengan tujuan Madinah. Mereka akan menggunakan pesawat Garuda GA 7101. Pada hari yang sama ini juga diberangkatkan dari embarkasi Makassar sebanyak 455 orang, Padang (455), Lombok (325), Medan (440). Dan Solo dengan 2 kloter yang masing-masing berjumlah 375 orang. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.