Sukses

Israel Tangkap Ratusan Warga Palestina

Liputan6.com, Jerusalem - Pertempuran antara Israel dan Hamas Palestina di Gaza telah terhenti usai gencatan senjata jangkap panjang disepakati. Namun hingga kini masih banyak warga Palestina yang ditahan.

Berdasarkan laporan lembaga swadaya non-Pemerintah (NGO) di Timur Tengah, Israel telah menangkap 597 warga Palestina pada Agustus 2014. Penangkapan paling banyak terjadi di Jerusalem Timur dan Hebron.

"Hal serupa juga terjadi di Tepi Barat bagian selatan," demikian laporan NGO yang bermarkas di Ramallah, seperti dilansir Times of Israel, Minggu (31/8/2014).

Dijelaskan bahwa sejak tiga pemuda Israel diculik dan kemudian ditemukan tewas, ada ribuan warga Palestina yang dibekuk aparat zionis. Jumlahnya mencapai 2.000 orang.

Jumlah tersebut menambah daftar tahanan Palestina di penjara Israel, yakni mencapai lebih dari 7.000 orang.

Selain menangkap ratusan orang, Israel sejak 8 Juli lalu melancarkan serangan militer "Protective Edge Operation" ke Gaza, sebagai langkah yang mereka sebut untuk membalas serangan roket dari Hamas. Pihak Hamas pun melancarkan serangan roket dan terowongan.

Jumlah korban akibat konflik di Gaza mencapai lebih dari 2.000 orang, yang terdiri dari sekitar 2.100 warga Palestina dan 67 orang Israel. Dialog antara kedua pihak usai gencatan senjata direncanakan kembali dilakukan dalam waktu dekat ini.

Baca juga:

Gencatan Senjata, Pasangan Israel Foto Nikah di Perbatasan Gaza

Israel-Hamas Sepakati Genjatan Senjata

Dihantam Roket dari Lebanon, Israel Langsung Membalas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.