Sukses

Pakai Nama Facebook, Pemilik Restoran Vietnam Terancam Digugat

Nhan si pemilik restoran berslogan Facebook berhasil menghimpun US$ 30.000 atau sekitar Rp 350 juta.

Liputan6.com, Hanoi - Seorang wanita Vietnam yang membuka sebuah rumah makan setelah menghimpun dana lewat Facebook terancam digugat untuk dilaporkan secara hukum, oleh perusahaan raksasa teknologi tersebut karena menggunakan namanya.

"Nguyen Thi Thanh Nhan, pemilik restoran Nang Ganh di Ho Chi Minh City, mempromosikan usahanya sebagai restoran pertama yang didirikan di Facebook," tulis Thanh Nien News seperti dikutip dari BBC, Sabtu (30/8/2014).

Nhan berhasil menghimpun US$ 30.000 atau sekitar Rp 350 juta dari 160 orang, dengan menempatkan rencana bisnisnya pada media sosial. Oleh sebab itulah ia menggunakan nama Facebook ketika menamai rumah makan miliknya.

"Usulan saya mendapatkan 100 respons dalam semalam. Saya memilih slogan tersebut untuk menghargai para pemakai Facebook," ucap Nhan.

Tetapi baru-baru ini Nhan menerima sebuah surat dari wakil hukum Facebook di Vietnam, yang menyatakan dia telah menyalahgunakan hak cipta perusahaan. Nhan diancam akan dituntut jika tidak mengganti slogannya.

Nhan mengatakan dirinya dikejutkan dan dipermalukan atas surat tersebut, tetapi dia belum akan mengubah cara promosinya. Karena dirinya telah mengeluarkan banyak dana untuk papan promosi, selebaran dan menu yang berisi slogan Facebook yang dipertikaikan itu. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.