Sukses

Ahok: Bupati Banyuwangi Jadi Wagub DKI Bagus Juga

Ahok menilai Azwar cocok menjadi wakilnya nanti karena merupakan pekerja keras, tak terima suap, dan taat konstitusi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kerap menyebutkan nama sejumlah figur yang memungkinkan mengganti posisinya sebagai wakil gubernur nanti jika ia sudah menjabat Gubernur DKI. Setelah menyebut nama Dian Sastro, baru-baru ini ia menyebut nama Deputi Gubernur Tata Ruang dan Lingkungan DKI Sarwo Handayani.

Nama mantan Walikota Blitar Djarot Saiful Hidayat dan mantan Walikota Surabaya Bambang DH juga sempat mencuat. Kali ini mantan Bupati Belitung Timur itu melirik Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Alasannya, dia ingin figur yang berpengalaman di eksekutif atau pemerintahan yang mendampinginya memimpin Jakarta nanti.

"Kita maunya pengalaman eksekutif. Aku sama semua partai temenan, PKB mau mencalonkan kader juga boleh. Azwar Anas yang Bupati Banyuwangi itu bagus juga," ucap Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Ahok menilai Azwar cocok menjadi wakilnya nanti karena merupakan pekerja keras, tak terima suap, dan taat konstitusi. Ahok sendiri mengenal Azwar ketika beberapa bulan lalu bertemu di sebuah kegiatan yang digagas Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal. Sejak itu, dia, Azwar, dan 5 kepala daerah lainnya tergabung dalam 'geng' pemimpin muda.

"Banyak tokoh di Indonesia yang seperti itu, banyak kepala daerah yang telah teruji. Azwar Anas bagus," ucap Ahok.

Tapi jika dilihat dari partai yang berhak mengajukan usulan calon wakil gubernur DKI, yakni PDIP dan Gerindra, peluang Azwar tampak tidak besar.

Ahok sebenarnya menginginkan Ridwan Kamil juga. Hanya saja Ridwan baru menjabat Walikota Bandung. "Ridwan Kamil dari Gerindra, tapi baru jadi Walikota Bandung," jelas Ahok. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.