Sukses

Begini loh Menjalin Komunikasi Efektif Dalam Hubungan

Dalam hubungan cinta, penting bagi Anda berkomunikasi secara bebas dengan pasangan.

Citizen6, Jakarta Sangat penting untuk berkomunikasi dengan pasangan secara bebas. Namun, tetap beretika dan dapat dimengerti oleh kedua pasangan tersebut. Berikut cara efektif yang dapat membuat hubungan Anda semakin baik:

Luangkan waktu untuk bersama 

Saat Anda menghabiskan waktu berdua, pastikan kalian tidak hanya menonton televisi saja. Habiskan waktu bersama untuk berdiskusi, luangkan waktu untuk menikmati waktu bersama dengan penuh kehangatan dan saling terbuka.

Hindari ego

Saat Anda berbicara dengan pasangan Anda, tinggalkan ego pribadi, karena ego hanya akan membuat keadaan semakin sulit. Pertengkaran yang tak kunjung selesai banyak dipicu oleh ego dari pasangan itu sendiri.

Tidak adanya saling mengerti dan mau untuk mengalah adalah suatu kondisi buruk dalam membina suatu hubungan yang harmonis. Kedewasaan kedua pasangan adalah kunci utamanya.

Apa yang tidak terucap bukan berarti tidak penting

Jika Anda tidak senang akan sesuatu, katakanlah. Karena jika keadaan itu terulang, maka itu adalah kesalahan Anda karena tidak menyampaikan apa yang membuat diri Anda merasa tidak senang. Dengan menyampaikan, pasangan akan bisa mencari alternatif lain.

Jangan mau menang sendiri

Saat Anda mendiskusikan sesuatu, jangan terfokus untuk memenangkan argumen. Cobalah fokus pada solusinya dan jangan mencoba terlalu keras untuk membuktikan persepsi Anda.

Terbuka dengan pendapat

Sangat penting untuk mengerti bahwa pasangan Anda adalah individu yang berbeda yang memiliki pemikiran dan opini yang berbeda pula. Jadi, kita harus siap menerima perbedaan pendapat itu.

Berhati -hati dengan apa yang anda ucapkan

Pilihlah kata-kata Anda, Anda mungkin mengatakan hal yang benar. Namun jika pemilihan kata-kata Anda salah, maka akan berakibat buruk bagi hubungan Anda.

Tetap fokus

Saat mendiskusikan akan sesuatu hal, fokuslah hanya pada masalah yang sedang dibahas. Jangan sampai melebar atau keluar ke masalah lainnya. Itu akan jadi sebuah diskusi yang tidak ada jalan keluarnya.

Temukan persamaan

Fokus pada bagaimana sebuah pasangan dapat menemukan persamaan yang ada dan menghindari perbedaan.

Jangan berasumsi

Membuat sebuah asumsi sendiri akan membuat pasangan Anda berpikir lain. Temukan solusinya dan alasannya, tanyakan langsung pada pokok persoalan akan jauh lebih menghemat waktu.

Mengakui kesalahan

Anda hanya manusia, yang juga melakukan kesalahan. Sangat penting untuk menerima kesalahan. Karena dengan demikian, Anda memberi contoh pada pasangan Anda agar menerima kesalahan dengan lebih baik.

Memaafkan

Disaat Anda memaafkan, Anda akan mempersempit perbedaan. Memaafkan dan melupakan, hidup ini singkat, tidak ada manusia yang sempurna. Jadi memaafkan adalah sesuatu hal yang sangat penting.

Berbicara perlahan

Berbicara dengan perlahan dan jelas akan memudahkan komunikasi dan lebih bisa dimengerti. Adakalanya sebuah komunikasi itu harus disisipkan oleh suatu hal yang dapat mencairkan suasana. Sisipan pembicaraan yang santai dapat menghindari dari kondisi yang tegang.

Pengirim:

Alca Mahameru

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini