Sukses

Heboh Bayi Jumbo Lahir 6,3 Kg

"Ini pertama kalinya aku melihat bayi berukuran besar dalam 30 tahun berkarir sebagai dokter," kata direktur Rumah Sakit Chongji.

Liputan6.com, Bejing - Kelahiran seorang bayi di China ini membuat heboh. Sebab, bobot buah hati berjenis kelamin laki-laki dari ibu bernama Tian itu terbilang jumbo, mencapai 6,3 kg.

Seperti dimuat Daily Mail, Jumat (29/8/2014), setelah kabar putra Tien yang lahir secara caesar di Rumah Sakit Bersalin Chongji, Kota Yecheng, Provinsi Shanxi, pada Sabtu 23 Agustus 2014 pukul 07.25 waktu setempat, staf medis dan masyarakat China pun gempar. 
 
"Ini pertama kalinya aku melihat bayi berukuran besar dalam 30 tahun berkarir sebagai dokter," kata direktur Rumah Sakit Chongji. "Secara umum, berat bayi yang baru lahir hanya 2,5 sampai 4 kg. Bayi dengan berat lebih dari 4 kg sudah dianggap besar," tambah dia.

Menurut dokter di rumah sakit, berat bayi yang belum diberi nama ini kurang lebih sama seperti berat bayi berusia 3 bulan. Berdasarkan standar grafik pertumbuhan anak oleh World Health Organization (WHO), berat bayi gemuk hampir dua kali lipat dari rata-rata bayi normal yang baru lahir.

Foto sang bayi kemudian diposting media China, Tencent News. Sejumlah foto memperlihatkan bayi gemuk itu terlihat nyenyak tidur di samping ibunya.

Foto lainnya menunjukkan sang ibu berbaring di tempat tidur rumah sakit, mengenakan piyama merah muda sambil tersenyum melihat bayinya yang montok dan berpipi merah tengah minum susu.

Kelahiran bayi laki-laki itu hampir mendekati rekor di Guinness World Records. Bayi terberat di dunia memiliki bobot 10,8 kg dari Kanada. Sang ibu, Anna Bates melahirkan di Negara Bagian Ohio pada tanggal 19 Januari 1879, namun anak itu meninggal 11 jam kemudian.

Ada juga bayi asal Italia yang lahir pada September 1955 yang beratnya mencapai 10,2 kg. Bayi terberat selanjutnya adalah Anna Swan, lahir pada tahun 1846 dengan berat 8 kg. Dan baru-baru ini seorang bayi di Brazil bernama Ademilton dos Santos lahir pada Januari 2005 dengan berat 7,57 kg. (Imelia Pebeyanti/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini