Sukses

BBM Langka, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Sragen Naik

Pasar Bunder yang biasanya terlihat ramai kini sepi.

Liputan6.com, Sragen - Langkanya Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi berdampak naiknya harga kebutuhan pokok di Pasar Bunder, Sragen, Jawa Tengah. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (29/8/2014), salah satunya adalah harga sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kenaikan akibat kurangnya pasokan dari dari para petani dan keterlambatan datang di tempat tujuan. 

Naiknya harga sayuran tersebut lantaran pompa diesel milik para petani yang digunakan untuk mengairi sawah tidak bisa beroperasi secara maksimal akibat pembatasan BBM bersubsidi. 

Kenaikan harga tak hanya terjadi pada sayur-sayuran saja, ayam potong yang sebelumnya Rp 28.000 kini naik menjadi Rp 33.000 dalam setiap kilogramnya. 

Kebutuhan pokok jenis ayam potong tersebut akibat terjadinya antrean di setiap SPBU, sehingga membuat tersendatnya pengiriman barang di tempat tujuan. 

Pasar Bunder yang biasanya terlihat ramai kini sepi. Hal itu akibat jarangnya calon pembeli yang datang. Lantaran sepinya pembeli, para pedagang sayuran maupun daging ayam mengalami penurunan omset. 

Dampak kenaikan BBM di Jambi juga sudah terasa. Selain berdampak pada kenaikan harga di sejumlah kebutuhan pokok, kenaikan harga juga terjadi pada ikan laut dan ayam potong. 

Harga ikan laut dan ayam potong mengalami kenaikan rata-rata Rp 5.000.Jika BBM langka, maka harga kebutuhan pokok terus naik. Para pedagang pun akan mengalami kerugian karena sepinya pembeli. (Rmn)

Baca Juga:

2 Polisi Jaga SPBU, Antrean BBM Masih Terjadi di Depok

Kisah Pilu Petugas SPBU, Penuh Risiko Nombok

Pasokan BBM di SPBU Kembali Normal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini