Sukses

Pertama Kalinya, Dua Wanita Maroko Jadi Menteri Prancis

Kabinet Prancis sebelumnya dibubarkan lantaran kebijakan Menteri Ekonomi Arnaud Montebourg yang memicu pengangguran.

Liputan6.com, Paris - Dua wanita asal Maroko untuk pertama kalinya menduduki posisi penting di pemerintahan Prancis pada kabinet baru. Keduanya, yakni Myriam El-Khomri dan Najat Vallaud-Belkacem merupakan politisi kelahiran Afrika, benua seberang.

Seperti dimuat Al-Arabiya, Rabu (28/8/2014), El-Khomri ditunjuk sebagai Menteri Urusan Penduduk Urban, Pemuda, dan Olahraga. Sedangkan Vallaud-Belkacem menjadi Menteri Pendidikan.

Vallaud-Belkacem merupakan perempuan pertama yang menempati posisi menteri pendidikan. Wanita kelahiran Bni Chiker, Maroko utara pada 1977 itu sebelumnya menjabat sebagai Menteri Hak Perempuan sejak 2012.

Selain pernah menjabat menteri yang khusus memperjuangkan nasib perempuan, Vallaud-Belkacem juga menjabat sebagai juru bicara pemerintahan.

Sementara itu, El-Khomri yang lahir di Rabat pada 1978 itu sebelumnya pernah menjadi anggota Dewan Kota Paris sebanyak dua kali. Juga bekerja menjadi staf di Kantor Walikota Prancis.

Kabinet Prancis sebelumnya dibubarkan pada Senin 25 Agustus terkait kecaman publik terhadap kebijakan Menteri Ekonomi Arnaud Montebourg yang memicu pengangguran.

Presiden Francois Hollande kemudian meminta Perdana Menteri Manuel Valls untuk membentuk pemerintahan baru. Hollande ingin kabinet pemerintahan baru menjadi tim yang solid. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini