Sukses

Kenang-kenangan yang Diminta Ahok kepada Jokowi

Ahok mengakui, perombakan jabatan di Pemprov DKI secara massal itu merupakan sejarah baru di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan melantik ribuan PNS DKI, dari Eselon II, III, dan IV, pada September 2014. Selama ini, pejabat Eselon III dan IV dilantik oleh Sekretaris Daerah (Sekda). Hal itu akan menjadi pelantikan yang dilakukan Jokowi sebelum mundur dari posisi Gubernur DKI Jakarta untuk menjadi Presiden ke-7 RI.

"Saya bilang ke Pak Jokowi, sebelum Bapak jadi presiden, tolong pelantikan massal dulu besar-besaran. Kasih kita kenang-kenangan sebelum jadi presiden. Biar bisa dirasakan dilantik presiden. Walaupun masih 3/4 presidennya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama seraya tersenyum saat memberikan arahan pada Dialog Interaktif Etika Birokrasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Balaikota Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Ia pun mengakui, perombakan jabatan di Pemprov DKI secara massal itu merupakan sejarah baru di Indonesia. Karena Peraturan Daerah Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) di DKI baru saja disahkan. Di dalamnya ada ketentuan perubahan struktur birokrasi di kalangan Pemprov DKI.

"Jadi kita ingin pejabat struktur dan fungsional semuanya melayani," jelas pria yang karib disapa Ahok itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BPKD) DKI I Made Karmayoga mengatakan, bulan depan akan terjadi perombakan jabatan besar-besaran di Pemprov DKI. Jokowi pun akan melakukan pelantikan pejabat secara massal hingga ribuan PNS.

"Kalau pelantikan massal ini terjadi, ini rekor yang luar biasa. Perubahan. Sepanjang sejarah Pemprov DKI bahkan Indonesia, belum pernah ada. Kecuali di militer," ujar Made.

Namun, ia masih merahasiakan waktu dan tempat pelantikan tersebut. Itu akan menjadi kejutan terakhir Jokowi sebelum mundur sebagai gubernur untuk resmi menjadi presiden.

"Lokasinya masih rahasia hehehe... Cari yang antik-antik. Lain dari lain. Yang pasti tidak di Balaikota kalau yang dilantik ribuan," ucap Made sambil tersenyum.

Saat ini, menurut dia, ada 6.826 posisi di Pemprov DKI. Nantinya yang akan dilantik, baik itu dimutasi atau dipromosikan, diperkirakan mencapai 40% dari jumlah tersebut. Ribuan PNS yang akan dilantik itu terdiri dari jabatan kepala dinas, walikota, kepala bagian, kepala bidang, kepala seksi. Atau dari Eselon II, III, hingga IV akan dilantik sekaligus oleh Jokowi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • DKI Jakarta