Sukses

BBM Langka, Petani di Klaten Pakai Gas untuk Bahan Bakar Pompa

Dengan modifikasi itu, petani yang biasanya memerlukan premium seharga Rp 25.000 kini hanya mengeluarkan Rp 15.000.

Liputan6.com, Rembang - Dikuranginya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi baik premium dan solar menyebabkan sejumlah aktivitas warga terhambat. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (27/8/2014), sejumlah SPBU di jalur Pantura Jawa seperti di Desa Banyudono, Kecamatan Kaliori, Rembang, Jawa Tengah, kehabisan pasokan BBM mereka.

Tak hanya warga biasa untuk kepentingan pribadi yang tak mendapatkan BBM, tetapi juga mobil ambulans yang harusnya siap kapan saja beroperasi. 

Kondisi terjepit karena sulit mendapatkan premium dan solar justru memaksa kreatifitas para petani di Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. 

Mereka memodifikasi mesin diesel pompa air yang biasanya menggunakan solar atau premium agar bisa menggunakan gas elpiji tabung 3 kg.

Dengan modifikasi itu, petani yang biasanya memerlukan premium seharga Rp 25.000 untuk menghidupkan mesin pompa selama 8 jam, kini hanya mengeluarkan biaya Rp 15.000 untuk 1 tabung gas elpiji 3 kg.

Namun nasib petani di Desa Gawan, Kecamatan Tanon, Sragen, Jawa Tengah tak seberuntung itu. Mesin diesel pompa air yang harusnya digunakan di musim kemarau untuk mengairi sawah.

Mereka yang juga telah dimodifikasi agar bisa menggunakan gas elpiji tak bisa hidup karena elpiji juga sulit didapat. 60 Hektar sawah dan lahan terancam tak bisa panen.

Sementara itu setelah sempat diancam akan dirusak nelayan, akhirnya SPBU Nelayan di Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh kembali beroperasi Selasa pagi 26 Agustus kemarin.

Pertamina memasok 8 ton solar untuk para nelayan setelah sepekan sebelumnya SPBU itu tak
menyediakan solar. Itu pun tak semua nelayan bisa mendapatkan solar.

Petugas SPBU Nelayan pun kesulitan membagi jatah solar untuk nelayan yang jumlahnya ratusan,
padahal untuk sekali melaut tiap kapal nelayan biasanya mengisi 2 hingga 4 ton solar. (Rmn)

Baca Juga:

Minimalisasi Penimbunan SPBU, Polisi Sidak 2 SPBU di Surabaya

Warga Karawang Borong Premium dengan Jeriken

BBM Langka, Tiap SPBU di Bandung Dikawal 2 Polisi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini